Harga Cengkih Turun, Petani Terancam Merugi

Ilustrasi cengkeh
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Petani di Sulawesi Utara mengeluhkan tren penurunan harga cengkih. Harga cengkih kini Rp120 ribu per kilogram, sebelumnya Rp130 ribu. Padahal, tidak lama lagi akan berlangsung panen raya di beberapa daerah penghasil emas cokelat tersebut.

Cukai Rokok Naik, Bagaimana Nasib Petani Cengkeh?

"Saya khawatir dengan harga yang terus turun," ujar Rudy, petani cengkih di Kecamatan Langowan, Minahasa, Sulawesi Utara, Jumat 27 Februari 2015.

Menurut dia, kejatuhan harga cengkih di Sulut, setiap jelang panen raya ini sangat merugikan petani. "Sebenarnya turun harga cengkih pada saat mau panen raya sudah biasa. Tapi kami curiga, ini seperti ada permainan," kata Rudy.

Ia pun berharap, pemerintah segera mengatasi masalah yang menggelisahkan ini. Jika harga komoditas ini terus turun, petani terancam kerugian besar.

Panen raya akan berlangsung pada periode Mei hingga Juli, dengan jumlah sekitar satu ton. Namun, jika harga cengkih terus turun, petani merasa perlu menahan hasil panen demi membuat harga kembali bergerak naik.

Tiga Ramuan Cengkeh Pengusir Sakit Gigi

"Setiap minggu selalu turun, ini membuat membuat khawatir kami sebagai petani cengkih," kata Rudy.

Hal senada disampaikan Samuel, petani cengkih lainnya. "Jangan sampai harga jualnya tidak sebanding dengan ongkos panennya," kata Samuel.

Untuk itu, pemerintah diharapkan membuat kebijakan terkait harga cengkih, agar dapat melindungi petani dari kerugian.

Minyak Cengkeh Potensial Obati Penyakit Kanker

Adapun John, pedagang pengumpul cengkih di Pasar Karombasan, Kota Manado, mengungkapkan penurunan harga cengkih di Sulut dipicu oleh banyaknya pasokan cengkih yang dijual para petani. "Kalau yang menjual banyak, otomatis harga akan turun," kata John.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Hanny Wajong, mengungkapkan jika harga cengkih terus menurun, pihaknya akan meminta pabrik rokok untuk mengakomodir pembelian cengkih petani.

"Selain itu, kami juga mengimbau, agar jangan sampai ada permainan harga di oleh pedagang," kata Hanny.

Dengan demikian diharapkan harga cengkih di Sulut bisa stabil, meskipun panen raya. (asp)

![vivamore = "Baca Juga :"]

[/vivamore]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya