Maret, Soekarno-Hatta dan Kualanamu Hapus Loket Tiket

penutupan loket penjualan tiket di bandara soekarno hatta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Kunjungan Wisman Melalui Bandara Soetta Turun 11,5 Persen
- PT Angkasa Pura II (Persero) mengatakan, terhitung 1 Maret 2015, layanan penjualan tiket penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Internasional Kualanamu ditiadakan.

Bandara Wirasaba di Purbalingga Akan Dikomersialkan

Kebijakan tersebut merujuk kepada Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor HK 209/I/I/16/PHB.2014 tentang Peningkatan Pelayanan Publik di Bandara yang di antaranya menyatakan meniadakan ruangan penjualan tiket penerbangan di gedung terminal.
Petugas dan Calon Penumpang di Juanda Bingung Cari Loket


Seluruh loket penjualan tiket akan berubah fungsi menjadi konter pelayanan pelanggan atau customer service
yang dioperasikan oleh maskapai.


Direktur Pelayanan Angkasa Pura II, Ituk Herarindri, mengatakan pemegang tiket penerbangan dapat melakukan melakukan perubahan jadwal penerbangan, perubahan rute penerbangan, melakukan proses
refund
, dan pembatalan penerbangan di konter
customer service
ini.


Adapun, Angkasa Pura II selaku operator bandara juga mengoperasikan gerai
customer service
yang dilengkapi dengan komputer untuk pembelian tiket secara online di Terminal 1A, 1B, 1C, 2F, dan 3 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan juga di Terminal Bandara Internasional Kualanamu.


Dia menjelaskan, ke depan, pihaknya mendorong agar maskapai dapat menyediakan mesin pembelian tiket di bandara untuk mempermudah penumpang yang harus melakukan perjalanan segera atau
go show
.


Namun demikian, dia mengimbau kepada masyarakat agar terlebih dahulu memiliki tiket penerbangan sebelum tiba di bandara guna memastikan kelancaran dalam melakukan perjalanan dengan pesawat.


“Ditiadakannya loket tiket di bandara dan dioperasikannya konter customer service bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Melalui konter customer service, pihak maskapai dapat memberikan solusi atas kebutuhan, keluhan, maupun pertanyaan penumpang," kata Ituk, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya, Jumat 27 Februari 2015.


Menurutnya, guna memaksimalkan peran konter
customer service
, Angkasa Pura II akan bersinergi dengan maskapai untuk mendirikan area khusus layanan pelanggan yang disebut dengan
customer service center
di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Internasional Kualanamu.


“Saat ini letak konter
customer service
masih tersebar, dan kami tengah membuat perencanaan agar berada di satu area khusus. Semangat dari adanya customer service center adalah supaya penumpang cepat mendapatkan solusi apabila dirasa ada hak-haknya tidak terpenuhi, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” jelas Ituk.


Baca juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya