Ketemu Jokowi, Pedagang Menjamin Harga Beras Turun Rp2.000

Presiden Jokowi Tinjau Gudang Bulok
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Jokowi Tak Puas Harga Beras Cuma Turun 1,1 Persen
- Harga beras turun Rp2.000 per kilogram dalam waktu dekat ini. Komitmen tersebut disampaikan para pedagang beras yang ada di Pasar Induk Cipinang, Jakarta.

Jokowi: Tax Amnesty Jadi Jawaban Merebut Dana Investasi

"Tadi kan teman-teman pedagang beras Cipinang menjamin harga turun," kata Ketua Umum Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi), Soetarto Alimoeso, usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Selasa 3 Maret 2015.
Disindir Jokowi Soal Anggaran, Ini Kata Gubernur Aher


Penurunan harga itu, kata dia, tentu untuk semua jenis beras. Jika beras premium naik, maka beras medium juga akan naik, begitu pula sebaliknya. Keduanya akan turun jika harga beras secara keseluruhan turun.


Namun, komitmen itu, kata Soetarto, baru bisa dipenuhi asalkan pemerintah memenuhi kebutuhan pasar.


"Harus disuplai, suplai harus lancar. Pokoknya suplai, dan raskin jangan dihapus. Raskin
tuh
10 persen (dari total kebutuhan)
loh
," kata dia.


Sementara menurut Ketua DPD Perpadi, Nellys Soekidi, harga beras di beberapa wilayah sudah mulai turun. Misalnya, di Demak, harga awalnya Rp10.400 dan hari ini turun menjadi Rp8.900 per kilogram. "Itu beras medium," kata dia.


Sedangkan untuk beras super juga turun yang tadinya seharga Rp11.000 menjadi Rp10.000 per kilogram. Sementara, beras untuk rakyat miskin (raskin) yang baru dikeluarkan oleh Bulog beberapa hari lalu dijual dengan harga Rp7.400 per kilogram.


Namun, meski harga beras di Cipinang turun, harga beras di daerah-daerah diprediksi baru turun tiga hingga lima hari kemudian. (one)



![vivamore="
Baca Juga
:"]


[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya