Indeks Keyakinan Konsumen Februari 2015 Masih Kuat

Suku Bunga Acuan Tetap
Sumber :
  • Antara/Sigid Kurniawan
VIVA.co.id
BI Tak Akan Perlonggar Uang Muka Kredit Motor
- (BI) melaporkan, Selasa, 3 Maret 2015, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) di Februari masih kuat. Tercatat, IKK pada bulan Februari 2015 sebesar 120,2 atau sama dengan bulan sebelumnya.

Harapan BI dari Penerapan 7 Days Repo Rate

Menurut Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara, apabila dari sisi komponennya maka IKK relatif stabil. Hal ini, katanya, didorong oleh peningkatan optimisme konsumen terhadap kondisi saat ini.
Aliran Dana Asing ke RI Tembus Rp130 Triliun


"Keyakinan konsumen dapat mengimbangi penurunan optimisme terhadap kondisi ekonomi selama enam bulan mendatang," ujar Tirta dalam keterangannya di laman BI.


Hasil survei yang dilakukan BI juga menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga pada  Mei 2015 masih dalam tren menurun. Adapun penurunan terbesar, lanjut Tirta, terjadi pada kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan.


Tirta mengungkapkan, tekanan kenaikan harga pada enam bulan ke depan atau di Agustus 2015 diperkirakan menurun dari bulan sebelumnya. Ini, seiring dengan kembali normalnya permintaan usai hari raya Idul Fitri.


Sementara itu, dia pun menekankan bahwa responden juga memproyeksikan, peningkatan jumlah tabungan pada enam bulan akan melambat dibandingkan bulan sebelumnya. Kondisi demikian, terindikasi dari pelemahan indeks perkiraan jumlah tabungan sebesar 2,9 poin pada enam bulan mendatang dibandingkan indeks bulan sebelumnya.


![vivamore="
Baca Juga
:"][/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya