Presiden Jokowi Pastikan Harga Beras Turun Rp2.000

Presiden Jokowi Tinjau Gudang Bulog
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo memastikan bahwa dalam satu hingga dua pekan ke depan, akan turun Rp2.000 per kilogram. Ini, katanya, berkat operasi beras miskin (raskin) yang dilakukan oleh berbagai daerah di Indonesia.

"Pergolakan inflasi atau kenaikan harga beras sebetulnya memang sudah kelihatan pada Desember. Mestinya bisa diantisipasi pada Januari dan selanjutnya bisa dilakukan tindakan," ujar Jokowi usai memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu 4 Maret 2015.

Namun, dia mengakui, jika yang pertama ini karena ada masalah sedikit keterlambatan ditanam. "Artinya dipanennya terlambat, sehingga kurang terkendali. Ini menjadi pelajaran bagi kita semuanya agar bila naik sedikit bisa segera dikejar," tutur mantan gubernur DKI Jakarta, itu yang dikutip dari laman setkab.go.id.

Di sisi lain, Jokowi juga menyinggung soal laju inflasi yang dalam bulan Januari dan Februari lalu mengalami deflasi. “Kita patut bersyukur karena bulan Januari kemarin terjadi deflasi 0,24 persen, kemudian Februari juga deflasi lagi sebesar 0,36 persen. Kali ini bisa kita pertahankan terus sehingga inflasi pada posisi amat rendah," katanya.

Presiden pun berharap, deflasi ini akan memberi dampak yang sangat baik terhadap pertumbuhan ekonomi. Demikian halnya, terhadap daya beli dan keringanan masyarakat dalam membeli barang yang ada.

Oleh karena itu, Presiden meminta kepada para menteri, terutama terhadap hal berkaitan dengan sembako untuk dipantau. "Berawal dari kenaikan harga pokok atau sembako itu tinggi rendahnya inflasi dimulai, sebagaimana yang terjadi dengan kenaikan harga beras," tuturnya. (art)

Harga Gabah Timpang, Peran Bulog Diminta Ditingkatkan

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Alasan Mentan Curiga Ada Mafia Beras
Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat panen raya

Jokowi Tak Puas Harga Beras Cuma Turun 1,1 Persen

Musim hujan yang datang saat kemarau, bisa untungkan produksi beras.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016