Tips Kaya Raya Dengan Hidup Sederhana

ilustrasi orang kaya
Sumber :

VIVA.co.id - Hidup sederhana tidak lantas berarti membuat hidup Anda hambar dan membosankan. Justru kalau Anda pandai mengelola keuangan, Anda dapat menikmati kemewahan yang sama sekali belum Anda bayangkan.

Gaya hidup sederhana bahkan bisa membuat Anda menjadi kaya.

Tips mengelola keuangan dari Paula Pant yang ia tulis di Dailyfinance, Rabu 4 Februari 2015, layak dipraktikkan. Berikut ini cara-cara untuk menikmati hidup mewah dengan anggaran sederhana, yang diterjemahkan bebas dari tulisan Paula.

Lima Keluarga Terkaya yang Diam-diam Kuasai Dunia

Jangan royal pada kemewahan kecil

Minum kopi di kafe terkenal, bahkan shampo dan sabun bermerek terkenal memang sedikit meningkatkan prestise dan membuat Anda merasa dimanjakan.

Tapi, coba bandingkan seberapa banyak uang yang dapat Anda gunakan untuk membeli tiket pesawat atau cicilan rumah, bila Anda mengurangi kesenangan-kesenangan kecil di atas.   

Modis alias modal diskon

Menikmati barang-barang bagus atau bermerek memang jadi idaman semua orang. Tapi, Anda tidak harus mengeluarkan banyak uang. Rajin-rajinlah mencari diskonan.


Di Indonesia, beberapa situs seperti Groupon, Lakupon, Livingsocial, menyediakan berbagai kupon diskon dari berbagai produk. Tak jarang, Anda akan mendapat harga hingga 70 persen lebih murah.

Beli mobil bekas


Kalau ingin royal untuk mendapat perhatian, silakan beli mobil baru. Tapi, tidak ada salahnya untuk membeli mobil pakai. Jelas, Anda bakal mendapat mobil bermerek jauh lebih murah.

Tapi, perhatikan kualitas mobil bekas sebelum Anda memutuskan beli.

Rumah sesuai kebutuhan

Untuk urusan rumah, ungkapan "lebih besar tidak selalu lebih baik" ada benarnya juga. Jangan membeli rumah melebihi yang Anda butuhkan. Fokuslah mendapatkan rumah yang terbaik untuk kebutuhan Anda.

Misalnya, Anda mungkin menyukai kondominium dengan dua kamar tidur modern, ketimbang rumah dengan empat kamar tidur yang Anda tinggali sendiri. Atau, mungkin juga sebaliknya. Kuncinya adalah membeli rumah yang cocok untuk anda.

Liburan tak biasa

Sementara orang pergi berlibur di tempat yang mahal, Anda dapat menikmati liburan dengan memilih tujuan yang tidak begitu populer. Yang pasti, Anda bisa melepaskan penat.

Misalnya, kunjungi kota yang membuat Anda penasaran. Lalu, pilih sarana transportasi paling efisien untuk menuju ke sana. Untuk penginapan, mungkin Anda bisa menyewa rumah penduduk.

![vivamore="Baca Juga :"]

Dalam 15 Tahun, Kekayaan Orang Indonesia Meningkat Lima Kali

[/vivamore]

(ren)

5 Hukum Uang yang Wajib Anda Tahu

Lima Hal Sederhana Ini Bisa Bikin Cepat Kaya

Jangan segan-segan untuk berkenalan.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2016