Pembangunan Jalan Tol Sumatera Dimulai April 2015

Jalan raya.
Sumber :
  • http://edorusyanto.wordpress.com/

VIVA.co.id - Pembangunan Jalan Tol Sumatera akan mulai dikerjakan paling lambat April 2015. dan sarana pendukung, termasuk pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni maupun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Sumatera menjadi program prioritas.

“Tiga bulan yang lalu telah kita lihat di lapangan, perlunya sebuah tol Trans Sumatera yang saya sudah perintahkan untuk segera dimulai. Dan, saat itu saya sampaikan target maksimal dimulai April,” kata Presiden Joko Widodo, seperti dikutip dari laman setkab.go.id, dalam pengantar Sidang Kabinet Terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis 5 Maret 2015.

Untuk diketahui, pada November 2014, Jokowi memantau rencana pembangunan jalan tol Trans-Sumatera dan jalur kereta api. Dengan demikian, diharapkan dapat lebih mengintegrasikan dan meningkatkan konektivitas di pulau tersebut.

Mantan wali kota Solo tersebut juga menginginkan, perencanaan pengembangan pembangunan terkait dengan konektivitas dan integrasi antarkawasan berjangka panjang.

“Kita ingin melihat pengembangan 50 tahun ke depan seperti apa, 100 tahun ke depan seperti apa," tambahnya.

Ketua MPR Sambut Gembira Pembangunan Tol Lampung

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, mengatakan bahwa ground breaking (pemasangan tiang pancang) pembangunan infrastruktur di Sumatera akan dilakukan pada April 2015.

“Kuartal I Tol Sumatera sudah harus bisa dimulai dari Bakauheni hingga Terbanggi Besar, Sumatera Selatan,” kata Rini.

Menteri PUPR: PMN Batal, Proyek Tol Trans Sumatera Terganggu

Rini menjelaskan, sesuai dengan perencanaan pembangunan infrastruktur jalan tol dari Bakauheni, Lampung-Terbanggi Besar, Palembang sepanjang 150 kilometer tersebut akan diselesaikan secepatnya.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum-Perumahan Rakyat, Basuki Basuki Hadimuljono, mengatakan total investasi pembangunan jalan tol Bakauheni-Palembang itu mencapai sekitar Rp53 triliun yang dibangun PT Hutama Karya (Persero) dan menyertakan BUMN Karya lainnya.

Hutama Karya Ubah Besaran Investasi Ruas Tol Trans Sumatera

Saat bersamaan juga akan dilakukan modernisasi Pelabuhan Merak dan Bakauheni, termasuk pembangunan KEK mulai dari Merak, Bakauheni, Bandar Lampung, dan Tanjung Api-Api, Palembang.

“Seluruh infrastruktur tersebut, seperti jalan tol, pelabuhan, jalur kereta api akan diintegrasikan dengan KEK, sehingga menjadi alat pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi di Sumatera,” kata Basuki. (asp)

![vivamore="
Baca Juga
:"][/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya