Fotografer Mata-mata Mampu Raup Ratusan Dolar AS

Vald Leto
Sumber :
  • nytimes

VIVA.co.id - Fotografer asal Rusia yang saat ini menetap di New York, bisa dikatakan memiliki pekerjaan menarik, yang tak banyak dilakukan oleh rekan seprofesinya.

Heboh Aksi Pedagang Buang Puluhan Ton Buah Pepaya, Ternyata Ini Penyebabnya

Ini, karena Vlad Leto, mengkhususkan dirinya untuk mengabadikan momen lamaran pasangan kekasih dengan cara yang unik, namun mampu meraup keuntungan yang tak sedikit.

Saat melakukan aksinya, tak jarang Leto harus mengendap-endap dengan kamera beserta lensa panjangnya layaknya seorang mata-mata. Kemudian, dia pun mengabadikan momen paling intim dari setiap pasangan melalui lensa kameranya.

"Saya mencintai pekerjaan ini. Dengan sembunyi-sembunyi memotret sepasang kekasih, maka saya bisa menangkap langsung gambaran emosi dan perasaan mereka. Apa yang tergambar dari hasil foto mencerminkan perasaan para pasangan, entah sedang bahagia, atau sebaliknya," ujar Leto, seperti mengutip dari Businessinsider, Kamis 5 Maret 2015.

Dia menceritakan, sebelum melancarkan 'tembakan' kameranya, hal yang selalu dilakukannya adalah melakukan perencanaan terlebih dahulu. Termasuk, mensurvei daerahnya, membuat catatan penting apa saja yang akan difoto, dan memastikan tak ada yang mengetahui kalau ia melakukan pemotretan.

Awalnya, Leto disewa oleh salah seorang suami yang berniat mengabadikan momen indah bersama istrinya. Sang suami mengusulkan, agar foto-foto yang diambil tanpa adanya arahan secara teknis, sehingga semuanya benar-benar alami dan dapat dikenang indah dalam waktu beberapa tahun ke depan.

"Hampir semua pasangan di New York sudah saya foto. Tempatnya, bermacam-macam, ada yang di taman, jembatan, kapal sampai hotel. Bahkan, saya bisa melakukannya dengan mata tertutup, karena semuanya dilakukan dengan perasaan," katanya, baru-baru ini kepada The New York Times.

Hebatnya, dari pekerjaannya tersebut, pria yang datang ke AS pada 2010 tersebut, akhirnya dikenal dengan julukan 'Fotografer Rahasia'. Saat ini, dia mengaku dapat menghasilkan uang sebesar US$250-US$400 untuk setiap momen foto tersembunyinya, tergantung seberapa besar tingkat kesulitannya. (asp)

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II
Pintu rumah dengan warna merah terang

Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic

Warna pintu rumah adalah hal yang akan dilihat pertama kali oleh orang yang berkunjung. Oleh karenanya, pintu rumah harus memberikan kesan yang baik dan eye-catching.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024