Gerak Saham di Pasar Asia Bervariasi

Tokyo Stock Exchange
Sumber :
  • REUTERS/Yuriko Nakao
VIVA.co.id
Bursa Asia Pasifik Tertekan Dinamika Pilpres AS
- Pergerakan saham di pasar kawasan Asia bervariasi pada awal perdagangan bursa hari ini, Jumat 6 Maret 2015. Pelaku pasar masih menantikan rilis data ketenagakerjaan dan pembayaran upah di luar sektor pertanian AS. Pasar saham Sydney melemah karena penurunan harga bijih besi di bursa komoditas mengimbangi penguatan pada akhir perdagangan Wall Street AS semalam.

Mengekor Wallstreet, Bursa Asia Dibuka Melemah

Seperti diberitakan
Saham di Bursa-bursa Asia Rabu ini Dibuka Melemah
CNBC, indeks Nikkei di bursa Tokyo pagi ini naik 1 persen. Indeks utama pasar saham Jepang ini diperdagangkan mendekati level 19.000 berkat dorongan dari pelemahan yen.


Data terakhir pasar spot, mata uang yen Jepang ditransaksikan pada level 120,1 per dolar AS.


Beberapa saham eksportir Jepang pun melonjak. Antara lain Nintendo, Honda, dan Panasonic membukukan keuntungan lebih dari 1 persen pada pembukaan bursa.


Sementara itu, indeks S&P ASX 200 di bursa Sydney memperpanjang kerugian. Nilai tukar mata uang dolar Australia diredam pada level AU$0,7780 per dolar AS.


Saham penambang merosot pada awal perdagangan karena harga bijih besi mencapai posisi terendah baru. Saham Fortescue Metals turun 4,6 persen, sedangkan BHP Billiton dan Rio Tinto masing-masing kehilangan hampir 2 persen Adapun saham Atlas Iron paling terpukul dengan terjun 7,2 persen.


Indeks Kospi di bursa Seoul naik 0,4 persen. Indeks utama pasar saham Korea Selatan ini menguat berkat kinerja positif sektor teknologi dan otomotif.


Saham Hyundai Motor naik 2,7 persen dan Kia Motors meningkat 3,2 persen. Pasa sektor teknologi, saham Hynix dan Samsung SDI memimpin kenaikan dengan masing-masing reli 1,8 persen dan 1,1 persen. (ren)



![vivamore="
Baca Juga
:"]


[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya