Aturan Menteri Harus Naik Pesawat Ekonomi Banyak Diprotes

Yuddy Chrisnandi dan Gatot Pujo Nugroho
Sumber :
  • ANTARA/Irsan Mulyadi

VIVA.co.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi, menyebutkan bahwa Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno adalah menteri pertama yang "terbang" di kelas ekonomi di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto

"Ibu Menteri (Rini) adalah menteri yang paling pertama duduk di kelas ekonomi dan saya mengikuti," kata Yuddy, di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat 6 Maret 2015.

Kemudian, Yuddy pun membuat aturan, pejabat negara yang bepergian dengan anggaran negara harus menggunakan kelas ekonomi. Sayangnya, aturan ini kemudian menimbulkan "protes" dari menteri-menteri lainnya.

"Beberapa menteri yang tidak seramping Bu Rini bilang tersiksa. Saya menyadari hal tersebut. Pak Wapres (Wakil Presiden), Jusuf Kalla, bilang, 'Sudahlah, Bu Rini saja yang duduk di ekonomi. Lainnya biarkan di bisnis'," kata dia.

Selain itu, Yuddy mengklaim bahwa sikap Menteri Rini pun menular ke bawahan menterinya. Bahkan, dia pun mengklaim bawahannya tak lagi duduk di kelas bisnis.
Keren Banget, Sherina Main Teater Musikal Bareng Anak-Anak Sekolah

"Deputi-deputi saya yang tadinya di kelas bisnis, lihat menterinya duduk di ekonomi, tidak berani lagi duduk di kelas bisnis. Sekarang ini, jarang saya melihat pejabat duduk di kelas bisnis," ujar dia.

Jaksa KPK Panggil Febri Diansyah dkk ke Sidang SYL, Ini Alasannya

Dia menambahkan, kondisi ini menunjukkan revolusi mental sudah berjalan, bukan karena idiom dan aturan. Tetapi, karena keteladanannya yang ditunjukkan Presiden dan Menteri Rini. (asp)

Baca juga:

Ilustrasi kabin pesawat.

Cara Terbaik Upgrade Gratis ke Kelas Pertama di Pesawat

Salah satunya adalah ketika penumpang menyelamatkan orang.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2016