Pertumbuhan Ekonomi Jepang di Bawah Harapan

Perayaan Ulang Tahun ke-81 Kaisar Jepang Akihito
Sumber :
  • REUTERS/Thomas Peter
VIVA.co.id
Intip 10 Negara dengan Utang Terbanyak Saat ini
- Ekonomi Jepang pada kuartal IV-2014 tumbuh di bawah perkiraan sebelumnya. Meski begitu, negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia itu masih berjalan pada jalurnya untuk merangkak keluar dari resesi.

Respons China, Bursa Asia Pasifik Dibuka Bervariasi

Melansir
Toshiba Bantah Mau Jual Pabrik di China
Reuters , Senin 9 Maret 2015, produk domestik bruto pada periode Oktober-Desember hanya tumbuh 1,5 persen. Capaian itu jauh di bawah prediksi ekonom, yang menaruh harapan ekonomi Matahari Terbit bisa tumbuh 2,2 persen.


Sementara itu, surplus transaksi berjalan di Jepang pada bulan Januari menyusut menjadi 61,4 miliar yen dari 187,2 miliar yen pada bulan Desember. Angka itu juga di bawah ekspektasi pasar yang mematok angka 288,2 miliar yen.


Ekonomi Jepang memasuki resesi pada kuartal III-2014 setelah perekonomiannya menyusut 1,9 persen akibat revisi sebesar 7,1 persen pada kuartal kedua.


Kelesuan ekonomi Jepang terjadi ketika konsumen menghentikan aktivitas belanja, lantaran kenaikan pajak konsumsi nasional. Pemerintah Jepang pada April tahun lalu menaikkan pajak konsumsi hingga delapan persen. (ase)


Baca Juga
:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya