Jumlah Wirausaha RI Tak Sebanding dengan Tingginya Minat

Seorang pekerja merapikan barang dagangannya di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id - Direktur Utama Bank Mandiri, Budi G. Sadikin, mengatakan jumlah wirausaha Indonesia pada kuartal dua tahun lalu, baru sebanyak 1,65 persen dari total penduduk.

Angka tersebut, masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura, yang masing-masing mencapai lima persen dan tujuh persen.

"Bahkan, jika dibandingkan dengan negara-negara maju, seperti Jepang dan Amerika Serikat, perbandingannya lebih jauh lagi. Di Jepang, komposisi wirausahanya mencapai 10 persen dan Amerika Serikat mencapai 12 persen dari total populasi," ujarnya, di Jakarta, Selasa 9 Maret 2015.

Namun, survei Global Entrepreneurship Monitor (GEM) pada 2013, tentang keinginan berwirausaha di Indonesia menunjukkan bahwa Indonesia menempati peringkat kedua negara ASEAN yang memiliki keinginan tinggi untuk berwirausaha, setelah Filipina. Di belakang Indonesia terdapat negara Vietnam, Thailand, Singapura, dan Malaysia. 

“Itu mencerminkan sebuah keoptimisan bahwa Indonesia dapat berkembang menjadi kekuatan ekonomi baru dengan mengoptimalkan semangat kewirausahaan. Sebab, untuk menjadi sebuah negara dengan ekonomi yang maju, negara tersebut paling tidak perlu memiliki jumlah wirausaha minimal dua persen dari total populasinya,” tuturnya.

Dengan demikian, kata Budi, Bank Mandiri akan menggelar expo wirausaha sekaligus penghargaan dan Workshop Wirausaha Muda Mandiri (WMM), Mandiri Young Technopreneur (MYT) dan Wirausaha Sosial Mandiri (WSM) 2014.

Expo yang akan berlangsung pada 12-15 Maret 2015 di Jakarta Convention Center itu akan diikuti 250 wirausahawan muda dan dihadiri sekitar 50 ribu pengunjung dari mahasiswa dan generasi muda dari Jakarta dan sekitarnya.

"Program pengembangan kewirausahaan ini dalam jangka panjang bertujuan untuk mendorong kemajuan ekonomi Indonesia," ujarnya.

Dalam expo, pengunjung juga dapat melakukan talkshow interaktif bersama Hadi Wenas (CEO aCommerce Indonesia), Rian Gondokusumo (Founder Sribu.com), Aldi Haryo Pratomo (Founder & CEO Ruma Indonesia), Daniel Mananta (Damn I Love Indonesia) dan Marcelino Lefrant (Komikus Bolt) serta para wirausaha muda sukses lainnya. (asp)

Trisakti Gandeng Kemenperin Tingkatkan Peran Penelitian

Baca juga:



Sara Blakely

Miliarder Sara Blakely Berbagi Nasihat Bisnis Terbaiknya

Pekerjakan orang yang mampu mengerjakannya buat Anda.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016