10 Kiat Sukses Menghemat Listrik Saat Krisis

Rumah tak layak
Sumber :
  • Santosa Suparman/Bantul

VIVA.co.id - Harga bahan bakar minyak (BBM), beras, dan elpiji naik pada masa yang hampir bersamaan. Kenaikan harga ini pun dibarengi dengan inflasi yang cukup tinggi, serta melemahnya rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

Banyak dari Anda akhirnya mencari cara, agar bisa berhemat lebih banyak. Salah satunya dengan menghemat penggunaan gas elpiji serta listrik di rumah.

Berikut ini, kami sajikan kiat mudah menghemat listrik bagi Anda yang mulai waswas terhadap anggaran rumah tangga yang membengkak:

Tanam pohon dan tumbuhan lainnya

Selain membuat udara semakin segar, pepohonan dan tumbuhan lainnya yang hijau dapat membuat Anda mematikan AC maupun kipas angin, karena suhu yang sejuk. Lebih hemat bukan?

Dekor ulang rumah Anda

Saking banyak dan besarnya perabotan, ada kalanya perabotan Anda malah menutupi lubang ventilasi di dinding. Pindahkan perabotan tersebut, sehingga Anda memiliki aliran udara yang baik dan Anda pun bisa mengurangi biaya pemakaian AC serta listrik.

Atur juga pencahayaan rumah dengan banyak jendela, sehingga Anda tidak perlu menggunakan banyak lampu di rumah.

Ganti lampu Anda dengan lampu hemat energi

Gunakan lampu yang tepat. Dengan lampu yang tepat, Anda dapat menghemat asupan listrik, namun tetap memperoleh penerangan yang cukup.
 
Ganti lampu Anda dengan lampu CFL, atau lampu hemat energi lainnya. Selain lebih awet, lampu tersebut sinarnya juga lebih terang, sehingga Anda tidak perlu menggunakan banyak lampu di rumah.

Cukup satu lampu yang besar apabila ruangan Anda mempunyai pencahayaan yang baik.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Mencabut stop kontak listrik

Saat kita hendak bepergian, biasanya kita hanya memencet tombol turn off (mati) dari peralatan elektronik tanpa mencabut kabelnya dari stop kontak. Padahal, dengan stop kontak yang masih menempel dengan peralatan, tanpa Anda sadari listrik masih terserap oleh barang elektronik Anda.

Hal ini, juga berlaku bagi telepon genggam Anda. Kalau telepon genggam Anda sudah penuh baterainya lebih baik, segera dicabut dari kontak listrik.

Selain hemat listrik juga akan membuat baterai telepon Anda lebih awet.

Pertimbangkan menggunakan laptop

Laptop mengkonsumsi listrik lebih sedikit daripada komputer desktop. Jadi, lain kali pertimbangkan untuk menggunakan komputer jinjing yang mudah dibawa ke mana-mana.

Dijamin, tagihan listrik Anda segera turun drastis hanya dengan mengubah konsumsi penggunaan komputer.

Matikan lampu atau peralatan eletronik saat tidak digunakan

Mungkin tindakan ini terlihat sangat sederhana, namun justru tindakan-tindakan ini yang dapat menurunkan biaya listrik dengan cepat. Coba Anda bayangkan berapa besarnya konsumsi listrik kalau Anda tidak mematikan televisi saat tidur.

Lupa mematikan lampu dan alat elektronik adalah faktor yang menaikkan biaya listrik di anggaran rumah tangga Anda.

Coba aktifkan timer untuk televisi Anda, sehingga apabila Anda tertidur saat menonton televisi, otomatis televisi itu akan mati sendiri sesuai dengan waktu yang telah diatur.



Perpendek waktu mandi

Semakin pendek waktu mandi Anda, makin sedikit juga juga listrik yang Anda konsumsi. Anda akan menghemat biaya lampu kamar mandi, bahkan biaya pemanas air.

Suhu stabil bagi pendingin
 
Atur suhu lemari pendingin Anda antara 30-42 derajat Celsius. Atur juga AC Anda dengan suhu yang stabil.

Suhu lemari pendingin atau AC yang drastis naik dan turunnya malah akan membuat konsumsi energi Anda semakin besar.

Ingat baik-baik untuk tidak menyimpan makanan yang panas ke dalam lemari pendingin Anda. Konsumsi energi lemari pendingin Anda akan lebih besar, saat makanan tersebut menuju proses pendinginan.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Ada baiknya juga sesekali beralihlah ke kipas angin, karena konsumsi energinya lebih rendah daripada AC.

Microwave untuk banyak makanan

Coba lakukan hal ini. Gunakan microwave untuk memanaskan banyak makanan sekaligus.

Artinya, memanaskan makanan dalam satu kali tarikan listrik. Selain lebih hemat, hal ini juga menghemat waktu Anda dalam menyiapkan makanan.

Pakai pakaian yang nyaman


Memakai pakaian yang nyaman dan sesuai kondisi suhu udara adalah hal penting lain yang harus Anda lakukan dalam menghemat biaya listrik. Pakaian yang tepat dapat mengurangi penggunaan listrik, baik itu untuk pendingin atau pemanas ruangan.

Demikian tips menghemat penggunaan listrik untuk menyehatkan keuangan rumah tangga Anda. Kira-kira, berapa banyak tagihan listrik yang Anda turunkan dengan mengubah perilaku penggunaan listrik Anda?

Hanya Anda yang paling tahu jawaban tersebut. (asp)

![vivamore="Baca Juga :"]

Beli Rumah Impian Meski Penghasilan Terbatas
[/vivamore]
Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016