Jokowi: Harga Listrik Tak Naik, Justru Akan Turun

Rapat Pimpinan TNI Polri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Rupiah Menguat, Tarif Listrik Agustus Turun
- Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah tak akan menaikkan harga listrik dalam waktu dekat. Hal ini dikatakan Jokowi untuk menepis isu tentang rencana kenaikan harga listrik.
Tarif Listrik Turun Lagi

"Ada yang menyampaikan, nggak tahu siapa, tarif listrik untuk industri akan naik, (itu) tidak ada. Perlu saya tegaskan tidak ada keinginan kita untuk menaikkan tarif listrik untuk industri," kata Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa 10 Maret 2015.

Jokowi mengatakan, justru pemerintah saat ini berencana akan menurunkan harga listrik. "Ini baru dikalkulasi justru nanti juga turun," ujar dia.

Penurunan harga listrik itu, menurut Jokowi karena adanya beberapa efisiensi di Perusahaan Listrik Negara (PLN). "Ini baru dihitung," kata dia.

Bulan Ini PLN Kembali Turunkan Tarif Listrik

Sebelumnya, Dirut PLN, Sofyan Basir, menegaskan belum ada kenaikan tarif dasar listrik untuk beberapa bulan ke depan, meski ada kenaikan di beberapa sektor.

"Tarif listrik belum ada rencana untuk dinaikkan. Memang ada masalah kurs, BBM yang naik sedikit. Tapi, kami belum ada rencana menaikkan tarif listrik," kata Sofyan di Kementerian BUMN, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sofyan mengatakan, PLN justru mencari cara bagaimana tarif listrik industri bisa diturunkan perlahan. Tujuannya, investor bisa memperluas ekspansinya di sektor industri. Dengan begitu, diharapkan penyerapan tenaga kerja bisa lebih meningkat.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya