Pontianak Kini Miliki Sentra Pedagang Batu Akik

Batu akik dijual di Pasar Rawabening, Jakarta Timur
Sumber :
  • Antara/ Fanny Octavianus

VIVA.co.id - Angin segar bagi pedagang batu akik di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Sebab, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Perindagkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Pontianak berencana meresmikan sentra pedagang batu permata atau batu cincin di lantai dua Pasar Dahlia pekan depan.

Sentra batu permata tersebut sebagai upaya Pemkot dalam memfasilitasi pedagang batu permata seiring tengah trennya pecinta dan penggemar batu permata yang banyak digeluti pedagang UKM dan pedagang kaki lima (PKL).

Kepala Bidang Pasar Disperindagkop dan UKM Kota Pontianak, Kuswandi, mengatakan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan kios-kios yang siap ditempati para pedagang batu permata.

Menurutnya, dengan menyiapkan kios-kios yang ada di lantai dua Pasar Dahlia, para pecinta dan penggemar batu dapat mengunjungi atau membeli langsung berbagai jenis koleksi batu yang dijual oleh pedagang batu dengan harga yang ditawarkan relatif terjangkau.

Pemusatan pedagang batu permata itu untuk mendorong UKM dan PKL agar dapat terkoordinir dalam satu sentra pedagang batu permata yang dipusatkan di lantai dua Pasar Dahlia.

“Pendaftaran dibuka mulai sekarang dan ditutup dalam minggu ini. Bagi yang berminat mendaftar, silakan membawa persyaratan fotocopy KTP dan KK masing-masing satu lembar dan pendaftaran tidak bisa diwakilkan,” kata Kuswandi, di Kota Pontianak, Jumat 13 Maret 2015.

Sehubungan terbatasnya kios-kios yang tersedia dan untuk tertibnya pedagang batu yang menempati kios-kios tersebut, Kuswandi mengimbau, bagi pedagang batu permata yang berminat dapat menghubungi Disperindagkop dan UKM Kota Pontianak.

Kopi Terakhir Pedagang Akik sebelum Lapaknya Digusur

Baca juga:





Batu Akik Souvenir PON XIX Tahun 2016

Garut Siap Kirim Ribuan Akik untuk Cenderamata PON Jabar

Untuk cenderamata peraih medali emas di PON XIX.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016