Facebook Beli Mesin Pencari Belanja Online TheFind

Mark Zyckerberg di Mobile World Congress di Barcelona
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea
VIVA.co.id
Pemerintah Bangun 'Senjata' Lawan Perusahaan Teknologi Asing
- Perusahaan jejaring sosial terbesar di dunia, Facebook mulai melangkah masuk ke industri e-commerce. Situs milik Mark Zuckerberg ini membeli mesin pencari belanja online, TheFind.
Menanti Pembeli Terkuat Yahoo

Dilansir melalui
Daihatsu Dibeli Toyota, Suzuki Makin Waswas?
Fortune , Sabtu 14 Maret 2015, pembelian ini merupakan sinyal jika Facebook akan semakin menjadi besar dengan merambah dua bidang sekaligus, mesin pencari dan e-commerce.


Sayangnya, Facebook tidak memberikan detail mahar yang diberikannya kepada pendiri TheFind. Namun, pasar yakin jika Facebook mampu membayar berapa saja untuk membeli sebuah perusahaan, apalagi perusahaan rintisan macam TheFind.


Bagaimana tidak, pendapatan Facebook, yang telah berhasil menghubungkan teman, keluarga dan seluruh orang di dunia, telah mencapai miliaran dolar per tahun.


Nantinya, setelah akuisisi ini, baik Facebook maupun TheFind akan bersatu menaikkan pendapatan jejaring sosial itu di bisnis iklan digital. Bisnis digital advertising Facebook tahun lalu mampu meraih pendapatan sekitar US$12,6 miliar. Facebook digadang-gadang sebagai pemain dominan di ranah ini.


"Bersama, kami yakin bisa membuat pengalaman iklan di Facebook lebih relevan dan lebih baik bagi konsumen. Teknologi yang dimiliki TheFind akan diintegrasikan ke Facebook untuk membuat lebih relevan dan lebih jelas terlihat bagi pemirsanya," ujar pihak Facebook, yang juga diamini manajemen TheFind.


Sebelumnya, Facebook pernah mencoba merambah bisnis mesin pencari dengan meluncurkan Graph Search pada 2013. Sayangnya, pasar tidak terlalu tertarik. Sementara itu, di e-commerce, Facebook pernah menguji coba tombol "Buy" pada Juli 2014 yang memungkinkan pengguna membeli barang secara langsung di Facebook.


TheFind akan menjadi perangkat tambahan bagi pengguna Facebook yang ingn mencoba layanan belanja. (art)![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya