Geser Malaysia, Udang Indonesia Merajai Pasar Amerika

Udang.
Sumber :
  • istock

VIVA.co.id - Kementerian Perdagangan mencatat selama 2015, Amerika Serikat (AS) menjadi negara tujuan ekspor nonmigas terbesar dari total ekspor nonmigas periode Januari-Februari 2015. Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel, mengklaim capaian ini disebabkan oleh Indonesia yang menguasai pasar udang AS.

"Pencapaian tersebut didukung oleh keberhasilan Indonesia menjadi penguasa pasar ekspor udang di AS dengan pangsa 23 persen, mengalahkan India, Ekuador, Vietnam, Thailand, dan Malaysia," kata Rachmat dalam konferensi pers kinerja ekspor dan impor bulan Februari di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa 17 Maret 2015.

Sementara itu, Atase Perdagangan di Kedutaan Besar Indonesia untuk AS, Ni Made Ayu Marthini, dalam keterangan tertulisnya, mengatakan Indonesia menjadi eksportir terbesar udang ke Negara Paman Sam itu. Nilai ekspor udangnya sebesar US$93,5 juta atau 22,7 persen dari pangsa pasar udang AS. Udang yang merajai pasar AS adalah shrimp warm water peeled frozen.

Posisi ini disusul India yang membukukan US$91,4 juta, atau menguasai 22,19 persen pangsa pasar disusul oleh Ekuador dengan nilai US$51,1 juta dan pangsa pasarnya 12,41 persen. Dari kawasan ASEAN, Vietnam meraup sekitar US$44,3 juta dengan pangsa 10,7 persen dan Thailand sebesar US$34,2 juta dengan pangsa 8,3 persen. Sedangkan Malaysia mencetak angka US$14,,3 juta dengan pangsa 3,49 persen.

Menurut Made, Indonesia harus bisa mengawal momentum kinerja ekspor yang sudah baik ini agar ekspor meningkat sepanjang tahun. Indonesia juga harus menjaga agar hama penyakit yang sedang dialami oleh produsen udang lainnya di dunia tidak terjadi di Indonesia.

"Produk udang adalah top seafood yang diminati pasar AS sehingga peluang bisnisnya sangat menjanjikan," kata dia.

Hal utama yang perlu dijaga dalam mempertahankan posisi Indonesia adalah dengan memastikan kualitas produk udang yang diproduksi berkualitas terbaik dan memenuhi standar kesehatan dan keselamatan.

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya
udang galah dbudidayakan dalam empang di Pasuruan

Sambut MEA, Industri Udang RI Punya Masalah Besar

MEA akan berlangsung pada Desember mendatang.

img_title
VIVA.co.id
24 Oktober 2015