Mengejutkan, Remaja 15 Tahun Desain Koin Baru Inggris

Koin Baru Inggris
Sumber :
  • Businessinsider

VIVA.co.id - Seorang remaja berusia 15 tahun dari Kota Walsall, menjadi perancang desain uang koin baru Inggris, senilai satu poundsterling. Hal ini, setelah mahasiswa dengan nama lengkap David Pearce, berhasil memenangkan kompetisi Royal Mint.

Tegas! Nikita Mirzani Coret Nama Lolly dari KK, Hak Waris, dan Asuransi: Sudah Gak Peduli!

Seperti mengutip dari Businessinsider, Rabu 18 Maret 2015, David sukses menyisihkan 6.000 pesaingnya yang berlangsung pada September 2014 lalu.

Remaja yang sedang menjalani pendidikan di Queen Mary Grammar School di Walsall itu pun terkejut, setelah mendapatkan telepon dari Kanselir pada pekan ini yang menyatakan bahwa dialah pemenangnya.

Dari tampilan desainnya, terlihat empat tanaman dan bunga untuk mewakili masing-masing negara dari Inggris. Sebut saja, bunga mawar dari Lancester untuk Inggris, daun bawang untuk Wales, thistle untuk Skotlandia, dan shamrock untuk Irlandia Utara.

Ada pun keempat bunga tersebut, muncul dari batang yang sama dalam sebuah mahkota untuk mewakili monarki. Koin baru ini akan memiliki 12 sisi dengan bentuknya yang bundar.

Departemen Keuangan Inggris menyatakan bahwa uang koin senilai satu poundsterling ini merupakan yang paling aman di dunia. Rencananya, uang koin hasil rancanangan David akan diperkenalkan pada 2017.

Untuk diketahui, pembuatan uang koin baru itu dilakukan di tengah kekhawatiran tentang kerentanan pemalsuan uang koin yang sudah berusia 30 tahun. Bahkan, disinyalir saat ini sudah ada 45 juta uang koin palsu beredar di Inggris.

Sebelumnya, Royal Mint mengungkapkan bahwa tiga persen dari uang koin senilai satu poundsterling adalah palsu. Untuk itu, pemerintah Inggris harus membuat langkah tertentu untuk meningkatkan kepercayaan publik dalam mata uang Inggris dan mengurangi biaya bagi bank, serta bisnis keuangan lainnya.

Sebagai informasi, terakhir, uang koin satu poundsterling diperkenalkan pada 1983. Dari 1,5 miliar koin yang beredar setiap tahun, maka sebanyak dua juta di antaranya diduga palsu.

Pemerintah mengatakan uang koin yang ada telah dibuat sejak lama dan teknologi yang digunakan dalam pembuatan uang tersebut sudah tidak lagi cocok untuk memerangi teknik pemalsuan yang semakin canggih. (asp)

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi



![vivamore="
Mendagri: Dewan Kawasan Aglomerasi Bukan Ambil Alih Kewenangan Pemerintahan Daerah
Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya