China Siap Bantu Kredit UKM RI Hingga Rp20 Triliun

Ilustrasi uang rupiah
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - CEO Maspion Group, Alim Maskur, mendatangi kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta. Pertemuannya ini membahas kerja sama Indonensia-China Business Council (ICBC) dengan Bank of China.

"Di sana, buat cooperation agreement yang mana Bank of China siap memberikan kredit kepada UKM (usaha kecil menengah)," kata Alim--sebagai perwakilan ICBC, kepada wartawan, di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu 18 Maret 2015.

Dia mengatakan, bahwa bank Tiongkok itu tidak hanya memberikan kredit, tapi juga memberikan bantuan lain seperti teknis dan pengontrolan produksi UKM. Tujuannya, membina para UKM agar bisa memproduksi barang yang berkualitas untuk diekspor ke Tiongkok.

"Jadi, memberikan bagaimana UKM memproduksi barang berkualitas dan sesuai dengan pasar Tiongkok," kata Alim.

Namun, dia masih merahasiakan detail kerja samanya dan jumlah UKM yang dibina itu. Yang jelas, bank asal Negeri Panda itu siap menggelontorkan dana hingga puluhan triliun rupiah.

"UKM kita harus bangkit. Ini step by step. Tapi, tujuannya bakal besar dananya, bisa Rp2-20 triliun. Ini kredit untuk seperti produk pertanian, untuk industri kecil yang mana bisa menjadi cindera mata," kata dia.

Alim pun menginginkan agar perjanjian kerja sama itu bisa diteken oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), ketika Jokowi berkunjung ke Tiongkok. "Signing semua saat Jokowi ke sana," kata dia.

Bank Mandiri Hentikan Kredit Bisnis Sawit di Lahan Gambut

Baca juga:

Mau Ajukan KUR Bank Mandiri, Ini Syaratnya


Produk Usaha Mikro Kecil Menengah Mulai Meningkat

Ini Beda UKM RI dengan AS

Jumlah UKM RI terbesar di kawasan ASEAN.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2016