Jokowi Laporkan Sendiri SPT Tahunan Keluarganya

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambangi kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan siang ini, Kamis 19 Maret 2015. Presiden secara langsung melaporkan surat pemberitahuan (SPT) pajak tahun 2014.

520 Warga Palestina Tewas, Terluka dan Hilang di Jalur Gaza dalam Waktu Seminggu

Pantauan , Jokowi tiba sekira pukul 12.25 WIB dengan mengenakan setelan jas dipadu dasi merah. Tak banyak menteri yang menemani Jokowi dalam kunjungan ini. Ia hanya ditemani Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro beserta jajarannya menyambut kedatangan Jokowi. Begitu sampai, Jokowi langsung diarahkan menuju stand Pojok Pajak yang telah disiapkan. Acara berlangsung singkat, kurang dari lima menit. Ketika Jokowi selesai melaporkan kewajiban pajaknya, ia menunjukan print out bukti SPT kepada wartawan.

Kupas Tuntas Starlink, Satelit Elon Musk yang Siap 'Menerangi' IKN

"Tahun lalu pakai dropbox, tahun ini pake e-filing," katanya singkat.

Memang, dengan menggunakan pelaporan SPT secara online atau e-filing, proses yang harus dilakukan wajib pajak bisa lebih cepat. Bahkan, Ibu Negara, Iriani Widodo dan anak-anak presiden tak perlu hadir untuk melaporkan secara langsung.

Uskup Sydney yang Ditikam Maafkan Penyerangnya: Saya Selalu Mendoakanmu

"Tadi Pak Jokowi melaporkan SPT sekeluarga, karena kepala keluarga," ujar salah satu petugas Pojok Pajak yang enggan disebutkan namanya.

Usai melaporkan SPT, Jokowi beserta para menteri dan Dirjen Pajak, Sigit Priadi Pramudito menggelar rapat. Para pejabat pajak akan diberikan arahan terkait upaya mencapai penerimaan pajak yang telah ditargetkan.

Sebagai informasi, tahun ini Jokowi mentargetkan penerimaan pajak dalam APBN-P 2015 sebesar Rp1.300 triliun. Jumlah itu meningkat sekitar Rp400 triliun dari realisasi tahun lalu.



![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya