Menteri Jonan: Pelabuhan Kalimantan Akan Terhubung Kereta

Terminal Berlian
Sumber :
  • VIVAnews/Tudji Martudji

VIVA.co.id - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengungkapkan bahwa pelabuhan besar di Kalimantan akan terkoneksi atau terhubung dengan jalur kereta.

Pengamat: Proyek Infrastruktur Jangan Disetop

Pada 2017 seluruh kota besar di Kalimantan akan terhubung dengan kereta api penumpang. Pembangunan jalur relnya dimulai tahun depan.

Menteri, dalam kunjungan kerjanya di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menjelaskan bahwa untuk tahap awal tahun 2015 segera dikucurkan Rp60 miliar untuk studi kelayakan, pengadaan lahan, dan proses perizinan.

Panjang rel yang bakal dibangun dari Pontianak hingga Samarinda melalui Banjarmasin diperkirakan mencapai dua ribu kilometer.

Proyek pembangunan rel kereta api yang diharapkan selesai tahun 2017 itu menelan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sebesar Rp25 triliun dengan jangka waktu lima tahun.

Bos Waskita Tak Cemas Anggaran Pemerintah Dipangkas

Menteri Jonan meminta Pemerintah Daerah membantu menyiapkan lahan dan membuat analisis mengenai dampak lingkungan untuk proyek ini.

Dalam kesempatan kunjungan kerja itu, Menteri didampingi Wakil Gubernur Rudi Resnawan. Di dalam terminal penumpang, Jonan melihat maket rencana pengembangan pelabuhan Banjarmasin dan berbincang dengan Direktur Teknik dan Teknologi Informasi PT Pelindo III, Husein Latif.

Menurut Menteri, pengembangan pelabuhan yang terkoneksi dengan pembangunan kereta api memang menjadi program nasional. (ase)

Yedi Yulistiadi/Banjarmasin

![vivamore="
Pemerintah Tegas Larang BUMN Garap Proyek Kurang Rp50 Miliar
Baca Juga :"]




[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya