HIPPI: Pelemahan Rupiah Momentum Tepat Pengusaha Pribumi

Bank Mandiri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Rupiah Masih Tertatih-tatih untuk Kembali Menguat
- Akhir-akhir nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar Amerika Serikat. Angkanya pun loyo di kisaran Rp13 ribu per dolar AS.

Awal Pekan, Hati-Hati Rupiah Terdepresiasi
Namun, Himpuman Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) mengklaim pelemahan rupiah ini merupakan momentum untuk melindungi daya saing pengusaha lokal.

Kurang Gesit, Rupiah Masih Sulit Menguat
"Pelemahan rupiah sangat mungkin menjadi momentum tepat untuk meningkatkan daya saing pengusaha pribumi, sekaligus meningkatkan nilai perdagangan Indonesia," kata Ketua Bidang Perdagangan HIPPI, Hardini Puspasari, dalam keterangannya, Minggu 22 Maret 2015.

Hardini mengatakan bahwa momentum itu tepat, kalau pengusaha pribumi mampu meningkatkan kapasitas produksinya bagi kebutuhan masyarakat di dalam negeri dan untuk ekspor.

Dengan demikian, kebutuhan masyarakat domestik tercukupi dan berpotensi memangkas impor kebutuhan masyarakat pada sektor usaha anggota HIPPI.

“Karena itu, peran pemerintah melindungi pengusaha pribumi sangat diharapkan. Agar menciptakan berbagai regulasi yang dibutuhkan untuk menumbuhkembangkan pengusaha pribumi handal," kata dia. (asp)


![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya