10 Pertanyaan Teraneh Saat Wawancara Kerja

Wawancara kerja.
Sumber :

VIVA.co.id - Ketika melamar pekerjaan, tentu Anda siap menghadapi pertanyaan ketika wawancara. Anda pun telah mempersiapkan 'jurus' untuk menghadapi serangkaian pertanyaan yang akan dilontarkan oleh pemberi kerja.

Namun, bagaimana kalau perusahaan menanyakan hal-hal yang tak lazim?

10 Orang Terkaya di Indonesia Pada Tahun 2016

Misalnya, siapa yang akan menang dalam pertarungan antara Spiderman melawan Batman?

Dilansir CNN Money, Minggu 22 Maret 2015, Glassdoor's Director of Talent Acquisition, Susan Underwood, mengatakan bahwa pelamar tak terkejut dengan pertanyaan itu dan menganggap pertanyaan itu tak serius.

Underwood meminta agar pelamar tetap tenang dan tidak panik.

"Tidak masalah seberapa aneh pertanyaan yang diberikan. Tetap tenang dan hadapi saja," kata dia.

Padahal, lanjut Underwood, perusahaan justru melihat reaksi mereka ketika diberi pertanyaan itu.

Lima Hobi Ini Hanya Bisa Dilakukan oleh Orang Kaya

"Interview ini adalah kesempatan bagi perusahaan untuk melihat respon Anda di bawah tekanan ketika ditempatkan di perusahaan tersebut," tuturnya.

Berikut ini adalah sepuluh pertanyaan teraneh yang dilontarkan ketika wawancara pekerjaan:

Siapa yang akan memenangkan pertarungan antara Spiderman melawan Batman?


Pertanyaan ini dilontarkan di lowongan pekerjaan simulasi medis Stanford University. Ketika mendapatkan pertanyaan ini, alangkah baiknya menanyakan kembali beberapa pertanyaan yang terkait konteks, seperti di mana arena bertarungnya?

Apa musik 90-an favoritmu?

Pertanyaan ini ada di lowongan pekerjaan layanan pelanggan Squarespace. Pertanyaan ini mungkin ingin mengetahui kepribadian Anda. Kalau tak mengetahui musik 90-an secara spesifik, Underwood menyarankan agar memilih musik favoritmu dan menjelaskan mengapa menyukainya.

Kalau Anda bangun dan mendapati ada 2.000 e-mail yang belum dibaca dan hanya bisa menjawab tiga ratus di antaranya, mana yang Anda pilih untuk dijawab?

Ini adalah pertanyaan di lowongan pekerjaan program rotasi Dropbox.

Orang-orang Kaya Sedunia Lagi 'Ketakutan' Saat Ini

Sebagian karyawan ingin tahu bagaimana Anda memprioritaskan pekerjaan. Tapi, perusahaan teknologi lebih ingin tahu bagaimana pelamar bisa mengerjakan permintaan yang tinggi disertai dengan tenggat waktu yang ketat dan permintaan klien atau produk yang begitu banyak.

Deskripsikan warna kuning kepada seseorang yang buta

Ini adalah pertanyaan yang dilontarkan di lamaran pekerjaan flight attedant Spirit Airlines. Underwoord mengatakan pertanyaan ini menguji sensitivitas pelamar, misalnya bagaimana tuna netra itu bisa merasakan matahari dan responnya. Ini adalah salah satu cara mendeskripsikan 'kuning'.

Kalau Anda punya mesin produksi US$100 untuk kehidupan, apa yang ingin Anda belanjakan untuk hari ini?

Pertanyaan tersebut adalah pertanyaan di lamaran pekerjaan analis riset Aksia. Kalau mendapati pertanyaan ini, Anda boleh bertanya apakah US$100 ini untuk sehari, sebulan, atau setiap hari?

Atau, apakah mesin ini dipatenkan? Berapa banyak perusahaan yang punya produk yang sama?



Apa yang Anda makan untuk sarapan?

Ini adalah pertanyaan lamaran pekerjaan di penjualan Banana Republic. Underwood mengatakan bahwa makanan sehat yang dimakan menandakan seseorang itu siap untuk bekerja.

Apa yang Anda lakukan kalau Anda adalah salah satu korban kecelakaan pesawat?

Yang ini adalah pertanyaan lamaran pekerjaan di Airbnb trust and Safety investigator. Pertanyaan ini menguji sebagaimana besar Anda bisa menghadapi situasi yang tak terduga.

Anda bisa saja menjawab bahwa pertama kali yang dilakukan adalah menyelamatkan diri, meminta bantuan, dan meminta bantuan relawan untuk memberi tahu keluarga kalau dibutuhkan.

Kalau diminta mengosongkan sebuah pesawat Boeing 747 yang penuh dengan jellybeans, apa yang akan Anda lakukan?


Pertanyaan ini adalah pertanyaan di bagian Bose IT support manager. Ini pekerjaan besar dan terlihat Anda harus mengerjakannya.

Jadi, bertanyalah informasi lebih lanjut sebelum memberi tahu rencananya, misalnya seberapa banyak waktu yang diperlukan untuk mengosongkan pesawat? Bagaimana cara pengemasan kacang jeli itu?

Seberapa banyak orang terbang dari Chicago tahun kemarin?

Pertanyaan ini datang dari sektor software engineer Redbox. Tugas Anda adalah memaparkan apa yang Anda pikirkan.

Biarkan pewawancara tahu data apa yang anda sampaikan beserta jawabannya. Kadang, penting untuk mendengarkan respon pewawancara terhadap pertanyaan Anda.

Apa tokoh putri Disney favorit Anda?

Pertanyaan unik ini datang dari lowongan crew member Cold Stone Creamery Crew. Alangkah baiknya menjawab 'Cinderella'. Alasannya, tokoh ini disukai karena tipe pekerja keras dan menghadapi tantangan.

"Tak ada ide untuk memilih putri yang mana? Anda bisa memilih tokoh yang pekerja keras seperti pangeran ataupun superhero," kata dia. (umi)

![vivamore="
Baca Juga
:"][/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya