Nasib Calon Pejabat Eselon I Kementerian ESDM Ada di Jokowi

Menteri ESDM, Sudirman Said
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki

VIVA.co.id - Ada belasan nama calon pejabat eselon I Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yang telah dikantongi oleh Menteri ESDM, Sudirman Said. Belasan nama tersebut akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk ditetapkan.

"Kami baru saja menyelesaikan tahap akhir proses seleksi untuk mengisi lima posisi eselon I. Telah terpilih 15 orang terbaik dengan tiga calon untuk setiap posisi," kata Sudirman di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin 23 Maret 2015.

Dia mengatakan, posisi yang dimaksud adalah posisi dirjen Minyak dan Gas, dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), dirjen Ketenagalistrikan, dirjen Mineral dan Batubara, serta sekjen Dewan Energi Nasional (DEN). "Pekan ini surat ke Presiden akan dikirimkan," kata dia.

Mantan Dirut PT Pindad (Persero) ini pun mengklaim jika kementeriannya akan menjadi model dari pelaksanaan lelang jabatan.

Strategi Menteri Arcandra Targetkan PLTP 7.000 MW

"Kementerian ESDM diberikan penghargaan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," kata dia.

Ngaku Di-bully

Sudirman juga menyatakan jika dirinya tak mengintervensi proses lelang. Hasil nama-nama yang lolos diklaim sudah sesuai dengan kompetensi.

Sudirman mengaku sempat mendapat protes saat mengadakan lelang terbuka untuk jabatan ini. "Awalnya, saya di-bully teman-teman di ESDM, maunya apaan kok rekrutmen terbuka mau diporak-porandakan. Tapi, diterima karena prosesnya transparan," kata dia.

![vivamore="Baca Juga :"]

Wapres: Elektrifikasi RI Terendah di ASEAN

2024, Blok Masela Siap Produksi?

[/vivamore]
Petugas PT PLN (Persero) melakukan pemeriksaan rutin di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Taman Jeranjang. Lombok, NTB.

PMA Tak Merata Akibat Kurang Listrik

Selama ini, hanya terkonsentrasi di pulau Jawa.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016