Mencicil Biaya Pernikahan? Ini Tipsnya

Ilustrasi Pernikahan
Sumber :
  • iStockphoto

VIVA.co.id - Mencicil biaya pesta pernikahan. Barangkali tindakan itu belum terlalu lazim. Tetapi, tidak ada salahnya cara itu dicoba. Sebab, dana yang dibutuhkan untuk pernikahan cenderung besar.

Sudah begitu, biaya besar itu akan habis dalam tempo tiga jam setelah pesta berlangsung. Usai pesta bubar, Anda masih harus mempersiapkan biaya tambahan untuk memulai hidup baru.

Lantas, apakah hanya akan mengandalkan sumbangan tamu undangan? Buang jauh-jauh pikiran tersebut.

Menyiapkan dana pernikahan dari jauh-jauh hari sangatlah dianjurkan. Bahkan, sebelum Anda bertemu pasangan yang tepat.

Memang, para orangtua biasanya menanggung biaya pernikahan anak-anak mereka. Tetapi, akan sangat bijaksana apabila Anda tidak lagi membebani keuangan keluarga.

Nah, tips mencicil berikut ini patut Anda ikuti, agar biaya pernikahan tidak membebani keuangan bulanan Anda.

Wedding organizer

Untuk menjawab kegelisahan para pasangan yang hendak menikah, wedding organizer masa kini mempunyai terobosan bernama paket cicilan pernikahan. Lamanya waktu mencicil sampai dengan satu tahun dengan bunga nol persen!

Nah, cicilan ini bisa dilakukan dengan, atau tanpa kartu kredit. Bagi Anda yang memiliki kartu kredit, Anda tinggal menggesek kartu kredit. Anda, kemudian akan mendapatkan tagihan tetap per bulan dalam setahun ke depan.

Apabila Anda menyicil tanpa kartu kredit, ada beberapa peraturan yang harus Anda patuhi. Misalnya, Anda mengambil paket pernikahan sebesar Rp60 juta, Anda membayar uang muka minimal satu persen dari total paket yang diambil alias Rp600 ribu.

Selanjutnya, Anda bisa mencicil sisa dana pernikahan yang dibutuhkan. Biasanya tiga bulan jelang pernikahan, dana harus sudah dibayar 50 persen. Dan puncaknya, seminggu sebelum pesta pernikahan, biaya yang dicicil tersebut sudah harus lunas.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik



Gedung, atau bank

Beberapa bank juga menyediakan fasilitas cicilan menikah. Umumnya, mereka bekerja sama dengan hotel yang menjadi tempat penyelenggaraan pesta pernikahan. Yang Anda butuhkan, hanya kartu kredit bank bersangkutan. Dengan menggesek kartu kredit tersebut, Anda bisa melakukan cicilan nol persen dengan lama cicilan bisa mencapai satu tahun.

Cicilan pernikahan via venue pernikahan biasanya hanya akan mendukung tempat pernikahan dan konsumsi listrik serta AC, makanan dengan jumlah tertentu dan dekorasi, plus kamar pengantin.

Di luar biaya tersebut, misalnya make-up, undangan, baju pengantin, serta hiburan tidak disediakan oleh pemilik venue pernikahan.

KTA boleh, tapi….

Anda hanya boleh menggunakan KTA untuk pembiayaan pernikahan, apabila Anda tidak memiliki utang kartu kredit. Satu lagi, besaran cicilan kredit yang Anda lakukan maksimal 20 persen dari total penghasilan bulanan.

Jadi, kalau gaji Anda Rp5 juta, ambillah pinjaman tanpa jaminan dari bank dengan maksimal cicilan Rp1 juta per bulan.

Jangan mengambil pinjaman yang Anda sendiri tidak yakin dapat membayar pengembalian beserta bunganya. Jadilah debitur yang baik dan buatlah sejarah kredit yang bagus. Siapa tahu, ke depannya Anda masih membutuhkan fasilitas cicilan untuk memperoleh tempat tinggal atau keperluan lain.  

Selamat menyiapkan pernikahan! (asp)



![vivamore="Baca Juga :"]

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Perempuan Ini Berbisnis Aplikasi 'Pemantau' Karyawan

Kisah Ibunda Harry Potter Lepas dari Mantra Bisnis Penerbit

[/vivamore]
Beli Rumah Impian Meski Penghasilan Terbatas
Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016