Begini Cara Sulap Karyawan Jadi Brand Ambassador

Ilustrasi presentasi di kantor.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - "Kerja di perusahaan apa?" Pertanyaan itu seringkali muncul, ketika kita bertemu orang baru. Saat orang lain mendengar jawaban Anda, coba perhatikan reaksi mereka.

Sebab, reaksi itu merupakan cerminan dari betapa suka, atau bencinya mereka terhadap produk dari perusahaan tempat Anda bekerja.

Setali tiga uang dengan karyawan. Ketika mereka sering mendengar hal baik dan buruk soal perusahaan, kemungkinan karyawan akan menceritakan itu ke orang lain, setidaknya keluarga mereka.

Tantangannya, bagaimana membuat karyawan lebih banyak mengalami hal positif tentang perusahaan, ketimbang hal negatifnya. Bila itu terjadi, karyawan Anda akan menjadi duta merek (brand ambassador) yang bagus.

Sebab, menurut The Edelman Trust Barometer 2015, karyawan dan keluarganya adalah sumber informasi terpercaya dari sebuah perusahaan.  

Karen Mishra, seorang pakar marketing dari Universitas Meredith College di Durham, North Carolina, Amerika Serikat, memberikan beberapa tips. Cara-cara yang ia tuliskan di laman Entrepreneur itu diyakini bisa menjadikan karyawan sebagai brand ambassador yang ujungnya meningkatkan performa perusahaan.

Jelaskan visi Anda

Berikan informasi tentang rencana, produk dan layanan dari perusahaan Anda. Pastikan mereka semua terus mendapat informasi soal nilai-nilai (values) dan tujuan (goals) perusahaan.

Hal tersebut, akan menjadikan karyawan mendukung seluruh rencana perusahaan.



Buka laporan keuangan

Jangan menyimpan rahasia apapun pada karyawan. Katakan apa yang mereka ingin ketahui. Sebab, ini akan menolong Anda untuk menjalankan perusahaan.

Tak peduli itu perusahaan pribadi (private). Ambil contoh perusahaan Rhino Foods yang selalu menginformasikan laporan keuangan ke karyawan. Nyatanya, karyawan terus mampu membuat perusahaan itu untung.

Libatkan karyawan


Ketika Lenovo memperkenalkan tablet Yoga di akhir 2013, perusahaan melibatkan karyawan dalam proses peluncuran produknya. Lenovo mengadakan kontes foto karyawan berpose dengan tablet Yoga. Foto-foto itu diunggah ke situs internal Lenovo. 

Karyawan dengan pose terbaik dan mendapat "like" terbanyak, berhak mendapat tablet tersebut. Ini merupakan cara terbagus untuk membuat karyawan engage dengan produk. Karyawan juga jadi tahu informasi produk tersebut sebelum meluncur ke pasaran.

Penghargaan bangun relasi

Memberi bonus pada karyawan karena berhasil menjual produk, sudahlah jamak. Lalu, kenapa tidak mencoba memberi bonus pada karyawan yang bisa membangun relasi dan menciptakan, sekaligus mengelola loyalitas konsumen?

Selama ini, memang belum pernah terdengar perusahaan yang memberikan bonus pada karyawan yang membangun dan mengelola relasi.

Jika perusahaan Anda salah satunya, silakan tuliskan pengalaman itu di kotak komentar. (asp)

Kiat Jadi Pengusaha Sukses ala Zaskia Adya Mecca



![vivamore="Baca Juga :"]



Bos Sido Muncul: Pintar Bukan Jaminan Bisa Sukses
[/vivamore]
Mencuci mobil.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Tidak hanya modal yang dibutuhkan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016