Ini Dalih Pertamina Naikkan Harga BBM

Ilustrasi jeriken atau penyelundupan BBM
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
DPR: Dana Ketahanan Energi Bisa Langgar Pidana
- Harga Bahan Bakar Minyak mulai naik per hari ini. Pelemahan kurs dan harga minyak dunia menjadi pendorong kenaikan harga ini.
Harga Pertamax Turun Rp100 per Liter

"Harga indeks pasar dunia untuk gasoline dan gasoil dan nilai kurs dolar Amerika Serikat terhadap Rupiah mengalami peningkatan signifikan selama periode akhir Januari hingga akhir Maret 2015 sehingga akan memberikan pengaruh pada pergerakan harga BBM," kata VP Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, Sabtu 28 Maret 2015.
 
Berdasarkan data Pertamina, pada periode tersebut, harga indeks pasar dunia untuk gasoline atau premium telah meningkat sebesar 13 persen, sedangkan untuk gasoil atau Solar pada periode yang sama meningkat 9 persen.

Peningkatan tersebut menjadi lebih besar dengan memperhatikan faktor nilai kurs dollar terhadap rupiah yang juga mengalami peningkatan sebesar sebesar 3,4 persen.
 
“Ketika dirupiahkan, Harga indeks pasar dunia untuk premium dan solar masing-masing telah meningkat sebesar 17 persen dan 13 persen. Kenaikan ini tentu saja akan berdampak terhadap harga kedua jenis BBM tersebut," kata Wianda.

"Untuk itu, memang diperlukan penyesuaian harga Premium dan Solar yang berlaku saat ini,” tambahnya.
 
Pemerintah telah menetapkan harga baru Premium untuk wilayah penugasan luar Jawa-Madura-Bali sebesar Rp7.300 per liter naik, sebesar Rp500 dari yang semula Rp6.800 per liter. Sementara harga baru solar sebesar Rp6.900 per liter, naik Rp500 dari yang semula Rp6.400 per liter.
 
Untuk Premium di wilayah Jawa Madura Bali, perusahaan pelat merah menyesuaikan dengan harga Rp7.400 per liter. Penyesuaian harga ini berlaku mulai Sabtu, 28 Maret 2015 jam 00:00.
 
"Dengan harga tersebut, memang masih belum mencapai keekonomian. Keekonomian akan tercapai apabila Harga Indeks Pasar (HIP) turun," kata Wianda. (ren)

![vivamore="
Pemerintah Belum Satu Suara Hitung Ulang Harga BBM
Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya