Hrga Minyak Goreng Naik

Pemerintah Gelar Operasi Pasar Minyakita Lagi

VIVAnews - Harga minyak goreng yang mulai merambat naik di pasaran membuat pemerintah mengambil langkah menggelar operasi pasar Minyakita.

Menurut Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, harga minyak goreng curah saat ini sudah mencapai Rp 10 ribu per kilogram atau Rp 9 ribu per liter. "Karena itu, pemerintah akan menggelar operasi pasar Minyakita di 44 kecamatan," ujar Mari saat operasi pasar minyak goreng di Kelurahan Bungur Jakarta Pusat, Selasa, 26 Mei 2009.

Dia menambahkan, operasi pasar pada 44 kecamatan tersebut akan diselenggarakan hingga bulan Oktober 2009. Sebanyak 14 produsen minyak goreng akan terlibat dalam program kepedulian sosial perusahaan (KSP) tersebut.

Melalui program KSP, kata Mari, pemerintah menargetkan akan mendistribusikan 1.000 ton Minyakita per bulan. "Jadi, jumlahnya sekitar 3 hingga 5 persen dari konsumsi masyarakat," ujarnya.

Sejak Januari hingga Mei 2009, melalui program serupa, pemerintah telah mendistribusikan sebanyak 850 ribu liter Minyakita.

Sementara itu, Mari mengatakan di luar program KSP, pemerintah telah melakukan dua instrumen untuk menstabilkan harga minyak goreng. "Pertama, PPN yang ditanggung pemerintah dan bea keluar untuk ekspor CPO," ujarnya.

Dia menuturkan, anggaran sebanyak Rp 800 miliar dialokasikan untuk menanggung PPN minyak goreng curah dan Minyakita yang beredar di pasaran. "Targetnya pada 18,6 rumah tangga sasaran pada tahun ini dengan konsumsi minyak goreng satu rumah tangga sekitar 0,87 kilogram per bulan," kata Mari.

Dalam program KSP hari ini, pemerintah bermitra dengan PT Sinar Mas untuk mendistribusikan 5 ribu liter Minyakita seharga Rp 7 ribu per liter.

"Sinar Mas telah menyalurkan minyak goreng dengan pola CSR (corporate social responsibilty) sejak 2005 untuk membantu pemerintah menstabilkan harga minyak goreng," kata Managing Director Sinar Mas G Sulistiyanto.

Sinar Mas pada tahun ini telah mendistribusikan 298 ribu liter minyak goreng melalui program KSP. Sedangkan pada 2008, telah disalurkan 502 ribu liter minyak goreng melalui program serupa.

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan
Julia Fox

Pakai Bikini Bentuk Alat Kelamin Dijahit, Julia Fox Dikecam

Julia Fox mendapatkan kecaman akibat memakai bikini dengan motif yang tak senonoh. Para pegiat mutilasi alat kelamin perempuan mengkritik pakaian provokatif yang dipakai.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024