Genjot Pajak, Kebijakan Tax Amnesty Diragukan

form pembayaran pajak
Sumber :
VIVA.co.id
Tarif Pajak RI Bakal Diturunkan?
- Pemerintah menetapkan target penerimaan pajak tahun ini sebesar Rp1.296 triliun. Angka tersebut meningkat 31,9 persen dibanding realisasi penerimaan di 2014.

Ini Opsi Terakhir, BIla Tax Amnesty Tak Capai Target

Peneliti Kebijakan Ekonomi Perkumpulan Prakarsa, Wiko Saputro melalui Forum Pajak Berkeadilan (FPB) menyampaikan, tingginya target penerimaan pajak ini mendorong DJP untuk melakukan beberapa inovasi kebijakan di bidang perpajakan. Salah satunya berupa wacana pemberian tax amnesty kepada para pelanggar pajak dan pelaku kejahatan finansial lain.
Ribuaan Orang Padati Sosialisasi Tax Amnesty


"Argumennya, tax amnesty akan dapat menggenjot penerimaan pajak dan menarik kembali dana pihak swasta yang selama ini disimpan di luar negeri," tuturnya di Jakarta, Minggu, 29 Maret 2015.


Namun, Wiko menjelaskan, hingga pertengahan Maret 2015, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) baru mencatat penerimaan sebesar Rp160 triliun.


"Nilai ini jauh dari target yang ditetapkan. Bahkan masih di bawah realisasi penerimaan pajak tahun lalu," ujarnya.


Menurutnya, meskipun kebijakan ini bukan pertama kali diambil, pada tahun 1984 dan 2008, kebijakan serupa juga pernah ditempuh pemerintah.


"Dalam pelaksanaannya, kebijakan ini terbukti tidak efektif dan hanya menjadi solusi jangka pendek semata. Sementara dalam jangka panjang, tax amnesty justru kontraproduktif terhadap strategi pemerintah untuk meningkatkan penerimaan negara dari sektor pajak,"  ujarnya.![vivamore="
Baca Juga
:"][/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya