Investor Respons Positif Kebijakan Subsidi Tetap BBM

SPBU
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Ekonom PT Bank Central Asia Tbk, David Sumual, mengungkapkan, para pelaku pasar memandang positif kebijakan subsidi tetap yang diterapkan pemerintah untuk harga bahan bakar minyak. Menurut dia, ruang fiskal negara menjadi lebih terkontrol.

"Menurut saya sih investor maupun lembaga rating melihatnya positif, karena di negara maju juga sudah biasa harga minyak naik turun. Negara tetangga juga demikian, sepertiĀ  Filipina, Thailand dan Malaysia. Mereka, terakhir sudah floating, kecuali negara Arab selaku penghasil minyak," ujarnya saat dihubungi oleh VIVA.co.id di Jakarta, Senin, 30 Maret 2015.

David menilai, fluktuasi harga minyak merupakan konsekuensi dari kebijakan subsidi tetap yang diharapkan dapat menyehatkan kondisi fiskal negara. Dengan membaiknya kondisi fiskal, katanya, akan membawa dampak baik terhadap perekonomian Indonesia.

"Dulu, kalau rupiah melemah atau harga minyak naik, subsidinya membengkak dan membahayakan kondisi fiskal. Akibatnya, investor yang memberikan pinjaman ke pemerintah menginginkan imbal hasil yang tinggi. Sekarang, fiskal kan relatif lebih terkontrol karena subsidinya tetap," tuturnya.

Dia berpendapat, tugas pemerintah saat ini adalah menjaga agar dampak dari kebijakan tersebut tidak berdampak buruk pada stabilitas harga di pasar yang akan memicu terjadinya inflasi.

"Dengan cara mengefisienkan pasar. Kalau harga minyak naik Rp500, jangan sampai mereka (industri) naikan harga Rp3.000 padahal komponennya kecil atau sebaliknya. Itu, yang harus dijaga pemerintah supaya mekanismenya jalan dan dampak ke inflasi bisa dikendalikan," terangnya.

Selain itu, David menjelaskan, efek dari kebijakan ini akan membawa dampak yang menguntungkan jika diterapkan secara konsisten dan sebaiknya tidak diubah lagi.

"Harapannya, pandangan investor dan lembaga rating juga lebih baik. Rating kita bisa dinaikan ke depan kalau kebijakan ini konsisten. Jangan sampai kebijakan berubah-ubah," tegasnya. (ren)

![vivamore="Baca Juga :"]

Sudirman: Harga BBM Tak Berubah hingga September 2016
[/vivamore]
Kantor Astra International

BBM Turun, Astra Yakin Penjualan Kendaraan Meningkat

Daya beli masyarakat diprediksi meningkat.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2016