Lima Mesin Pertumbuhan Ekonomi Syariah Dunia

Ilustrasi keuangan syariah
Sumber :
  • Halomoney
VIVA.co.id
Bisnis Sesuai Prinsip Syariah Versi Ilham Habibie
- Industri syariah diperkirakan akan terus tumbuh di masa depan. Saat ini total aset yang dikelola keuangan syariah di dunia telah mencapai US$2 triliun, dengan rata-rata pertumbuhan 17,3 persen per tahun.

Pertumbuhan Keuangan Syariah RI Kalah dari Malaysia

Dalam acara Islamic Financial Services Board (IFSB), Selasa 31 Maret 2015, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Halim Alamsyah, mengungkapkan ada lima hal yang diandalkan menjadi mesin pendorong ekonomi syariah.
Festival Pasar Modal Syariah Bidik 6.000 Pengunjung


Pertama,
pertumbuhan ekonomi di negara-negara berkembang. "Indonesia negara berkembang dengan penduduk beragama Islam yang besar, ini potensi," ujarnya.


Kedua
, berkembangnya perdagangan lintas negara. Semakin banyak transaksi dagang yang terjadi, merupakan potensi yang bisa dimanfaatkan.


Perkembangan produk syariah yang semakin inovatif, jadi mesin pendorong ketiga yang diandalkan. Dengan berbagai macam produk baru, pasar keuangan syariah dapat lebih berkembang.


Menurutnya, jika
ketiga
hal tersebut berjalan dengan baik, mesin pendorong
keempat
, yaitu kerangka peraturan keuangan syariah harus dikembangkan dengan baik.


Dengan demikian, ada aturan main yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan secara agama sesuai dengan syariat Islam.


"Dan yang
terakhir
adalah perumbuhan populasi muslim dunia yang diperkirakan akan meningkat," ujarnya.


BI pada tahun ini bertindak sebagai tuan rumah pertemuan IFSB. Sebanyak 15 negara yang menjadi anggota IFSB hadir dalam pertemuan tahunan tersebut.


Dia menambahkan, isu penguatan keuangan inklusif melalui keuangan syariah menjadi fokus pembicaraan pada tahun ini, sehingga diharapkan akses keuangan masyarakat dapat lebih terbuka melalui pembiayaan model ini.



![vivamore="
Baca Juga
:"]


[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya