Ritel Didorong Jadikan Produk Lokal sebagai Tuan Rumah

Pemerintah Tetapkan Skema Pajak 1 Persen Bagi UKM
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id - Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel mendorong agar perusahaan ritel memberi ruang kepada produk lokal, setidaknya seperti yang di Tiongkok dan Jepang.

"Ketika saya mendampingi Presiden Joko Widodo ke Tiongkok dan Jepang, saya paling suka datang ke toko-toko ritel, khususnya makanan dan minuman, serta pakaian. Yang menarik dari dua negara itu, produk lokal sangat dominan," kata dia, dalam acara 'Pembukaan Musyawarah Nasional VI Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) dan Seminar Ritel Nasional' di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu 1 April 2015.

Rachmat mengatakan bahwa Tiongkok dan Jepang membanggakan produk lokalnya. Meskipun demikian, mereka juga memberi ruang kepada produk impor untuk dijual. Dua negara ini pun juga menjaga impornya untuk melindungi industrinya.

"Mereka mencintai produk lokalnya. Dia menjaga pasarnya, agar produk lokal bisa berkembang dengan baik dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri," kata dia.

Dari sanalah, lanjut Rachmat, rasa nasionalisme dan idealisme bangsa tersebut terlihat dari cara mereka menjaga produk lokalnya dengan baik. Inilah yang diinginkan oleh pemerintah dari pengusaha ritel Indonesia.

"Ini peran Aprindo dan saya ingin mengetuk hati semua, bagaimana kita bisa menjadi seperti Jepang dan Tiongkok untuk bisa memberikan dukungan antara ritel dan industri," kata dia. (asp)


![vivamore="Baca Juga :"]

Ramayana Susun Strategi Demi Raup Rp8,3 Triliun


Setengah Tahun 2016, Laba Ramayana Naik 179,7 Persen
[/vivamore]
Usaha ritel minimarket

Aprindo Jelaskan Soal Minimarket Mainkan Harga

Pengaturan harga produk umumnya secara terpusat.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016