Harga Elpiji Diam-diam Naik Rp8.000 per Tabung

Tak Ingin Rugi Lagi Pertamina Naikan Harga Elpiji 12 Kg
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
ESDM Pastikan Tak Ada Kenaikan Harga LPG 3 Kg
- PT Pertamina diam-diam menaikkan harga elpiji 12 kg. Kenaikan ini menjadikan harga elpiji tabung biru naik Rp8.000 per tabung. Kenaikan harga elpiji biru ini berlaku mulai hari ini, Rabu 1 April 2015.
Nasib Harga BBM Diputuskan Malam Ini

Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang, mengatakan bahwa bisnis Pertamina dari premium di wilayah Jawa Madura Bali (Jamali) dan premium penugasan di luar Jamali masih rugi Rp600 per liter. Namun, bisnis solarnya impas.
Perbedaan Harga Gas di Daerah Tinggi, Ini Usulan Pengusaha


"Artinya, Pertamina tidak mendapatkan apa-apa. Oleh karena itu, diam-diam Pertamina menaikkan harga elpiji 12 kilogram sebesar Rp666,67 per kg," kata Ahmad kepada
VIVA.co.id
lewat pesan tertulisnya, hari ini.


Dengan begitu, harga elpiji biru akan naik Rp8.000,04 per tabung. Angka ini hasil dari angka kerugian yang lebih dari Rp600 dikalikan 12 kilogram.


Perusahaan pelat merah ini, lanjut dia, mempertimbangkan dua hal dalam kenaikan elpiji biru ini. Pertama, Pertamina melihat kenaikan harga rata-rata gas CP Aramco bulan Maret. Harga rata-rata CP Aramco pada Maret tercatat US$477 per metric ton (MT).


"Sebelumnya, harga CP Aramco pada Februari tercatat US$467 per MT dan Januari US$451 per MT," kata dia.


Lalu, BUMN energi ini pun melihat adanya pelemahan nilai tukar. Rata-rata kurs dolar pada Maret tercatat lebih di angka Rp13.000 per dolar AS dan cenderung lebih kuat dibandingkan kurs dolar pada Februari yang tercatat Rp12.750 per dolar AS.


"Kurs (Maret) Rp13.084 per dolar AS dari yang sebelumnya Rp12.750 per dolar AS," kata dia.


Sekadar informasi, harga jual elpiji 12 kg sebelumnya sebesar Rp129 ribu per tabung. Dengan kenaikan sebesar Rp8 ribu, harga elpiji akan berubah menjadi Rp142 ribu per tabung di tangan konsumen.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya