Rupiah Stabil di Level 13.000, Tren Membaik

Proses penghitungan uang rupiah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Nilai tukar rupiah kembali melanjutkan tren positifnya terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Kamis, 2 April 2015. Penguatan di hari ketiganya, rupiah terangkat sebesar 43 poin atau 0,33 persen dibandingkan perdagangan sehari sebelumnya sebesar Rp13.043 per dolar AS.

Rupiah Masih Tertatih-tatih untuk Kembali Menguat

Berdasarkan pantauan data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah tembus ke level Rp13.000 per dolar AS. Adapun beberapa rilis data ekonomi dalam negeri yang positif turut membantu rupiah untuk bergerak menguat.

Menurut Kepala Riset PT Woori Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada, dengan meningkatnya penyerapan lelang SUN (Surat Utang Negara) di hari sebelumnya juga memberikan sentimen positif kepada mata uang garuda.

Mengutip dari laman Kementerian Keuangan, Kamis 2 April 2015, pemerintah kembali menghimpun Rp10 triliun dari lelang SUN pada Selasa 31 Maret 2015. Total penawaran yang masuk dari lelang tersebut mencapai Rp15,2 triliun.

Selain itu, kata Reza, rilis inflasi sebesar 0,17 persen yang lebih rendah dari perkiraan, yakni 0,43 persen dan konsensus 0,19 persen menjadi faktor penguatan lainnya.

Dari sisi global, menurut dia, meningkatnya laju yen dan yuan seiring ekspektasi akan perbaikan ekonomi masing-masing juga turut memberikan imbas positif sehingga laju rupiah dapat terus berada di tren kenaikan.

"Akan tetapi, tetap waspadai potensi pembalikan arah. Penguatan ini sifatnya terbatas dan dalam jangka pendek," jelasnya kepada VIVA.co.id, Kamis 2 April 2015.

BI: Ekonomi RI Bakal Tumbuh Lagi di Kuartal Ketiga

Reza memperkirakan, pergerakan rupiah masih belum jauh dari kisaran Rp13.080-Rp13.089 per dolar AS. (one)

![vivamore="
Awal Pekan, Hati-Hati Rupiah Terdepresiasi
Baca Juga :"][/vivamore]
 Dolar AS dan rupiah.

Dolar Masih Lemah, Rupiah Melaju di Jalur Hijau

Program tax amnesty terus menjaga rupiah tetap di zona positif.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016