Gandeng PT Semen Indonesia, Jayapura Bangun Pabrik Semen

RUPSLB PT Semen Indonesia
Sumber :
  • semenindonesia.com
VIVA.co.id
Cerita Bos Semen Indonesia Menggapai Sukses
- Pabrik semen akan dibuka untuk pertama kalinya di bumi Cendrawasih, Papua. Pabrik semen ini merupakan kerja sama Pemerintah Kabupaten Jayapura dengan PT Semen Indonesia Tbk.

Kelebihan Stok, Ini yang Akan Dilakukan PT Semen Indonesia

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw mengatakan, rencana pemancangan tiang pertama pabrik dengan kapasitas satu juta ton semen/tahun ini ditargetkan pada Januari 2016. Biaya investasi diperkirakan mencapai US$150 juta atau sekitar Rp1,95 triliun (kurs Rp13.000 per dolar AS).
Pabrik Citeureup Produksi, Kapasitas Semen Indocement Naik


"Pabrik semen ini juga akan membuka lapangan kerja bagi putra-putri Jayapura," kata Mathius melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis 2 April 2015.


Mathius menyebut, bila industri semen dibangun, maka akan dapat menggerakkan pembangunan di Papua, khususnya Jayapura. "Ekonominya bisa makin kuat, dan kualitas kehidupan rakyat di sini bisa makin meningkat. Ini lah Jayapura baru yang ingin dicapai," kata Mathius.


Direktur Pengembangan Usaha dan Strategi Bisnis PT Semen Indonesia Tbk, Rizkan Chandra mengatakan, kebutuhan semen di Papua pada 2014 mencapai 800 ribu ton. "Diharapkan produksi satu juta ton per tahun di pabrik ini bisa mencukupi kebutuhan Papua," kata dia.


Pabrik semen tersebut ditargetkan rampung dalam tiga tahun. Rencananya, produksi semen selain untuk kebutuhan Papua juga untuk memasok semen di Maluku dan sekitarnya. Selain itu, berpeluang diekspor ke Papua Nugini.


Rizkan menyebut, sudah sejak setahun lalu Semen Indonesia merencanakan pembangunan pabrik semen di Jayapura. Sebab, Semen Indonesia sudah punya pabrik pengantongan semen (
packing plant
) di Sorong.


"Sekarang kami melangkah maju untuk bangun pabrik semen terintegrasi di Jayapura," tutur Rizkan. (art)


![vivamore="
Baca Juga
:"]


[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya