Video: Penyandang Disabilitas Mampu Membuat Batu Akik

ilustrasi demam batu akik
Sumber :
  • ANTARA FOTO
VIVA.co.id
Garut Siap Kirim Ribuan Akik untuk Cenderamata PON Jabar
- Para penyandang disabilitas di Panti Sosial Bina Netra Tan Miyat, Bekasi, Jawa Barat diajarkan menggosok batu akik. Warga binaan panti pun belajar bagaimana membuat batu dari bahan mentah hingga menjadi batu cincin siap pakai.

Kopi Terakhir Pedagang Akik sebelum Lapaknya Digusur

"Untuk tahapan membuat batu cincin, kita diberikan bahan mentah yang bentuknya masih kotak. Kemudian, dibentuk sesuai dengan yang diinginkan dan berikutnya masuk dalam proses pengamplasan, atau tahapan finalnya," ujar salah satu warga binaan panti.
Tren Batu Akik Turun Drastis, Ada Apa?


Menurutnya, kesulitan terbesarnya adalah saat membentuk batu cincin. "Biasanya yang melakukan ini adalah orang-orang yang normal, tetapi kami juga membuktikan kalau kami bisa," ungkapnya.


Setiap warga binaan panti yang mengikuti kegiatan tersebut mendapatkan pendampingan maupun arahan dari instruktur yang sudah berpengalaman.


"Ketika satu per satu sudah bisa maka yang lainnya bergiliran. Ini, karena mesin kita baru ada satu sehingga harus mengajarkannya satu per satu," terang Surono, salah satu instruktur di panti sosial.


Saksikan video selengkapnya, dengan

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya