Ini Waktu yang Tepat Membeli Rumah

Asuransi Rumah
Sumber :
  • http://4.bp.blogspot.com
VIVA.co.id
Siasati Uang Kuliah yang Mahal dengan Cara Ini
- Membeli rumah memang bisa dilakukan kapan saja. Mau membeli secara tunai atau lewat kredit pemilikan rumah (KPR), semua tergantung kesiapan keuangan.

Orang-orang Sukses Ini Jual Hartanya untuk Mengejar Gairah

Karena menyangkut sebuah keputusan besar, membeli rumah sering dipenuhi keraguan. Belum lagi ada angapan, kalau sembarangan membeli rumah bisa membawa bencana pada keuangan di masa depan.
Kebocoran Uang yang Sering Tak Disadari Pemilik Rumah


Agar tidak berkutat pada keraguan lebih dalam, ketahui saja beberapa pertimbangan ini.

Putuskan saat harga rendah


Jika kita membeli barang, tentu diusahakan membeli dengan harga rendah. Itu juga yang terjadi saat Anda ingin membeli rumah. Masalahnya, harga rumah  setiap tahun pasti naik.


Bahkan jika terjadi penurunan, maka penurunannya pun tidak signifikan. Tapi artinya, ada waktu di mana harga lebih rendah.


Anda juga bisa mendapatkan harga rendah ini dengan tidak hanya mengincar satu properti. Dengan begitu, Anda pun bisa melakukan perbandingan untuk properti yang lebih rendah harganya.


Saat suku bunga turun


Biasanya, suku bunga di pasaran akan naik atau turun sesuai dengan kondisi ekonomi negara. Maka, untuk mengetahui kenaikan dan penurunan suku bunga, Anda juga harus mengetahui besaran suku bunga beberapa tahun sebelumnya.


Nah, bila Anda merasa suku bunga tahun ini cukup rendah, maka sebaiknya Anda segera mengajukan permohonan KPR ke bank. Tidak hanya ke satu bank, Anda juga wajib membandingkan beberapa bank untuk mencari bunga terendah. 


Saat dana tersedia


Lagi-lagi, membeli rumah merupakan sebuah keputusan finansial. Karenanya, kesiapan keuangan menjadi hal penting dan diperlukan.


Bila selama ini Anda terus bekerja dan menyisihkan sebagian besar pendapatan untuk ditabung, pastikan uang di rekening Anda tersebut bisa dialokasikan untuk rencana memiliki rumah.


Jadi, bukan artinya keinginan besar Anda memiliki hunian mengorbankan segalanya, khususnya kebutuhan keuangan lain yang harus Anda penuhi.


Agar keputusan Anda tepat, maka sebelum berkomitmen membeli rumah dalam bentuk KPR maupun tunai, pastikan pos-pos keuangan Anda sudah aman.


Di antaranya, pastikan Anda telah memiliki cadangan dana darurat sebesar 6x pengeluaran bulanan, pemasukan yang stabil, dan rasio utang serta rasio pembayaran yang cukup. Bila semuanya telah terpenuhi, maka keputusan membeli rumah pun menjadi keputusan yang tepat.



![vivamore="
Baca Juga
:"]


[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya