Lima Tips Khusus Hemat Biaya Transportasi

Busway
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Beberapa kota besar di Indonesia, mengalami volume pertambahan kendaraan yang cukup tinggi. Hal ini, mengakibatkan kemacetan yang semakin merajalela.

Selain memboroskan waktu Anda di jalan, kemacetan juga memboroskan anggaran BBM Anda. Singkat kata, kemacetan membuat Anda rugi waktu, uang, dan rugi tenaga.

Apakah Anda pernah menghitung berapa besarnya uang yang sudah Anda buang di jalan akibat macet?

Menurut informasi Study on Integrated Transportation Master Plan (SITRAMP) Fase II, yaitu studi gabungan dari BAPPENAS yang mempelajari tentang transportasi yang terintegrasi di kota-kota besar, pada 2020, Jakarta diprediksi mengalami kerugian mencapai Rp65 triliun per tahun akibat kemacetan.

Bahkan, saat ini, Kota Bandung merugi akibat macet yang diperkirakan mencapai Rp4,36 triliun per tahun.

Dana yang Anda gunakan untuk transportasi sehari-hari adalah salah satu komponen yang dihitung oleh SITRAMP dalam memprediksi kerugian akibat kemacetan tersebut.

Mengingat besarnya kerugian tersebut, akan sangat bijaksana apabila mulai dari sekarang Anda berkontribusi dalam mengurangi kemacetan, serta menghemat biaya transportasi.

Bagaimana pun, Anda melakukan ini demi kesehatan finansial pribadi.



Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menghemat biaya transportasi:

Gunakan transportasi umum untuk berangkat bekerja

Beberapa kota besar sudah dilengkapi dengan berbagai transportasi umum, mulai dari kereta antarkota, bus antarkota, TransJogja, TransJakarta, kereta listrik commuterline, hingga angkot ke berbagai jurusan.

Gunakan transportasi umum yang paling nyaman. Logikanya, angkutan yang memuat lebih banyak orang, maka akan menerapkan biaya yang lebih murah bagi para penumpangnya.

Bus TransJakarta, misalnya. Sistem angkutan ini memberlakukan harga yang sama untuk semua koridor, yakni Rp3.500 dan Anda tidak perlu membayar lagi apabila melakukan transit, atau pindah jurusan bus.

Total biaya yang Anda keluarkan untuk transportasi pulang-pergi dari rumah ke kantor menggunakan TransJakarta hanya Rp7.000 per hari. Cukup hemat bukan?

Berangkat lebih pagi


Kendala dalam transportasi umum di kota-kota besar adalah penuh sesak. Untuk menyiasati hal ini, ada baiknya Anda berangkat lebih pagi, sehingga mendapatkan tempat yang cukup longgar di dalam angkutan dan tidak terlalu berdesak-desakan.

Apalagi, jika kantor Anda memberlakukan flexi time, semakin pagi Anda datang ke kantor, semakin cepat juga Anda bisa pulang.

Gunakan fasilitas kantor

Beberapa perusahaan besar memberlakukan sistem antar jemput bagi karyawannya, sebagai bagian dari fasilitas yang diberikan. Ada juga perusahaan yang memberlakukan sistem abonemen, tetapi sistem ini pun sebenarnya juga terbilang murah, karena beberapa biaya fungsional biasanya mendapat subsidi dari kantor tempat Anda bekerja.

Bisa jadi, malah harganya tidak semahal seperti Anda naik angkutan umum biasa. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba fasilitas transportasi yang disediakan oleh kantor.



Bergabung dalam komunitas nebeng


Komunitas nebeng sudah menjadi hal yang lumrah di kota besar. Jangan malu untuk nebeng, manfaatnya banyak kok. Selain mengurangi jumlah mobil pribadi yang berlalu lalang di jalan, menghemat biaya transportasi, Anda pun bisa mendapatkan kenalan baru di setiap perjalanan.

Sebab, bisa jadi Anda akan bertemu orang baru di setiap kali nebeng.

Beberapa komunitas nebeng yang bisa Anda intipa dalah Nebeng.com dan Nebengers.com. Komunitas ini sudah menjangkau Kota Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, Bali dan Bogor.

Mulailah mencari informasi di daerah Anda, teman-teman yang bekerja di satu area dengan Anda dan mulailah merencanakan untuk berangkat kerja bersama-sama dengan satu mobil daripada membawa mobil, atau kendaraan masing-masing.

Anda bisa bergantian menyetir setiap harinya sehingga adil bagi semua orang. Berbagi dengan sesama lewat nebeng juga dapat memperkuat tali silaturahmi dengan tetangga sekitar.

Cari tempat tinggal yang dekat dengan kantor

Mencari tempat tinggal yang dekat dengan kantor akan lebih menghemat dana transportasi. Bagaimana tidak, yang Anda butuhkan mungkin hanya berjalan 30 menit dari tempat tinggal ke kantor Anda.

Hemat waktu, hemat uang, hingga aktivitas fisik yang menyehatkan Anda dapatkan dalam satu waktu.

Setelah membaca tips di atas, coba hitung kembali berapa pengeluaran Anda yang bisa dihemat dengan menggunakan transportasi umum. Pengeluaran Anda mulai dari biaya bahan bakar, tarif tol, dan biaya parkir tentunya sangat jauh berkurang. Anggaran keuangan Anda pastinya juga semakin sehat. (asp)

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik



![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos
Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016