Pertamina: Indonesia Sudah Defisit Gas Bumi

Kapal PGN FSRU Lampung
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Indonesia telah mengalami defisit gas bumi sebesar 1,5 miliar kaki kubik per hari (BCFD). Pada 2025, defisit tersebut diperkirakan meningkat menjadi 4,5 miliar BCFD.

Direktur Utama PT Pertamina, Dwi Soetjipto, mengatakan defisit tersebut sesuai dengan data terbaru neraca gas bumi nasional yang dikeluarkan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

"Kenyataannya, Indonesia defisit gas bumi," ujarnya, dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR, Rabu 15 April 2015.

Untuk menutupi defisit tersebut, menurutnya, selain melakukan pengadaan liquefied natural gas (LNG) impor, Pertamina secara aktif mendorong pembangunan regasifikasi LNG. Di antaranya, pembangunan floating storage and regassification unit (FSRU) di Jawa Barat yang beroperasi sejak 2012.

Kemudian, konversi kilang LNG Arun menjadi regasifikasi terminal yang telah menerima kargo LNG pertama dari BP Tangguh mulai Februari lalu.

"Serta, beberapa rencana pengembangan terminal regasifikasi lainnya, seperti di Bojonegoro Terminal, FSRU Cilacap maupun mini LNG di kawasan timur Indonesia," tambahnya.

Namun, dalam merealisasikan upaya itu, ada sejumlah hambatan yang dihadapi. Yang terberat adalah belum terintegerasinya infrastruktur LNG di Indonesia.

Dengan demikian, surplus gas di kawasan timur belum bisa dimaksimalkan untuk memenuhi kebutuhan gas di daerah yang mengalami defisit, baik dalam region yang sama, maupun di bagian barat.

Untuk itu, menurutnya, diperlukan keberadaan aggregator gas bumi nasional untuk menyeimbangkan harga gas nasional, serta menjamin adanya infrastruktur dan suplai gas terintegerasi di seluruh wilayah Indonesia.

"Pada intinya, Pertamina siap memasok selama memenuhi keekonomian proyek," katanya. (asp)

Bangun Pipa Gas Rp300 Triliun, Pemerintah Gandeng Swasta



![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Menteri ESDM Sudirman Said rapat dengan DPR.

Revisi Aturan Gas Resmi Terbit, Dijamin Tak Ada Diskriminasi

Siapapun yang mau jual gas harus bangun infrastruktur.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2016