Lewat Forum Ini Pemerintah Sampaikan Visi Misi Jokowi

Presiden Joko Widodo berkunjung ke Beijing China
Sumber :
  • REUTERS/Feng Li/Pool

VIVA.co.id - Pemerintah mengklaim acara World Economic Forum (WEF) on East Asia 2015 penting. Sebab, pemerintah bisa menyampaikan visi dan misinya kepada dunia internasional lewat forum internasional ini.

"Ini akan menjadi gaung yang cukup bagus dan menjadi panggung bagi Indonesia untuk menjelaskan program-program pemerintah Indonesia," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil, dalam konferensi pers World Economic Forum on East Asia 2015 di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis 16 April 2015.

Sofyan mengatakan, di event tersebut, pemerintah akan memperkenalkan Indonesia dan memaparkan program-program pemerintah di sektor infrastruktur dan maritim.

Tak hanya itu, pemerintah juga memperkenalkan kepada para investor asing terhadap kebijakan dana dukungan crude palm oil (CPO) atau minyak sawit mentah sebesar US$50 per metric ton (MT).

Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel, mengatakan selain menyampaikan nawa cita pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pemerintah juga mengharapkan acara ini bisa menarik minat investasi asing ke Indonesia.

"Kami ingin menjelaskan program pemerintah, seperti visi-misinya ke depan, tempat mensosialisasikan nawacita, memanfaatkan added value, seperti investasi dan peningkatan ekspor 300 persen," kata Rachmat, di tempat yang sama.

Sekadar informasi, acara WEF on East Asia yang ke-24, akan berlangsung di Jakarta pada 19-21 April 2015. Kali ini tema yang diusung adalah Anchoring Trust in East Asia's New Regionalism.

Rencananya, Jokowi akan memberikan sambutan utama di forum ini. Acara ini juga rencananya akan dihadiri oleh lebih dari seratus CEO perusahaan dan beberapa kepala negara dari 27 negara.

"Untuk memenuhi kebutuhan perkembangan ekonomi yang cepat di Asia timur, kerja sama merupakan nilai penting untuk mengatasi permintaan masyarakat untuk akses yang lebih luas dalam hal pendidikan, ketersediaan lapangan pekerjaan dan keterwakilan politik," kata Direktur Senior dan Kepala Asia-Pasifik di World Economic Forum, Sushant Palakurthi Rao.

Para petinggi WEF on East Asia akan hadir dalam acara ini, seperti Chairman The Boston Consulting, Hans-Paul Burkner, Direktur Eksekutif Lippo Group Indonesia, John Riady, Dirut PT Bank Mandiri Tbk, Budi Gunadi Sadikin, dan Dirjen Internal Organization for Migration Jenewa, William Lacy Swing.

Misi Pemerintah Lewat Transformasi Digital Capai Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2% di 2024

Peserta utama lainnya yang hadir di acara ini adalah PM Kamboja, Samdech Techno Hun Sen, Menteri Pertanian Laos, Vilaynanh Phomkhe, dan Menteri Perdagangan dan Promosi Sektor Swasta Nigeria, Alma Oumarou.

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto. Muhammad AR/VIVA

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Ketua DPRD Kota Bogor mendorong agar pemerintah setempat memberi bantuan semacam "THR Lebaran" bagi 1.134 warga terdampak bencana tiga bulan terakhir ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024