Perhatikan Sembilan Lubang dalam Perencanaan Dana Pernikahan

Menghitung Dana Pernikahan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Dana pernikahan biasanya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Apalagi, jika Anda ingin pesta pernikahan yang cukup besar.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Tetapi, tidak ada salahnya Anda mengetahui lubang-lubang yang mungkin muncul dalam anggaran yang Anda persiapkan. Ingat, Anda dan pasangan harus benar-benar disiplin dan penuh komitmen dalam persiapan tersebut.

Kalau bisa menghemat, kan lumayan uangnya bisa untuk bulan madu.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Waspadai sembilan lubang anggaran pernikahan ini:

Gunakan hanya satu pakaian nikah

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Pengantin di Indonesia cenderung berganti kostum pernikahan berkali-kali, padahal resepsi pernikahan hanya tiga sampai empat jam.

Ada baiknya Anda hanya menggunakan satu pakaian nikah selama berlangsungnya resepsi. Selain hemat ongkos pembuatan (apabila Anda membuatnya sendiri), hemat juga ongkos sewa apabila Anda menyewa pakaian pernikahan tersebut.

Kalau Anda ingin lebih hemat lagi, Anda bisa menggunakan pakaian pernikahan turun temurun dalam sebuah keluarga untuk acara akad nikah, sehingga Anda tidak perlu keluar banyak uang untuk membuat pakaian. Sedangkan untuk kostum resepsi, Anda dan pasangan bisa sewa dari vendor penyedia baju pengantin.

Undang secukupnya

Anda memang harus tega dalam membuat daftar undangan. Semakin banyak undangan yang Anda sebarkan, akan makin banyak juga biaya yang harus Anda persiapkan untuk biaya konsumsi, yang mana memakan kurang lebih 50 persen dari anggaran pernikahan Anda.

Maksimalkan teknologi

Cetak undangan berbentuk hard cover hanya untuk orang-orang tertentu saja, misalnya kolega ayah dan ibu, saudara yang dituakan, atau bahkan kolega kantor yang dihormati.

Dengan semakin majunya teknologi, undangan bagi teman-teman akrab Anda, atau orang-orang yang lebih muda bisa dilakukan dengan lebih mudah dan sederhana.

Undangan pernikahan Anda sekarang bisa disebar via media sosial seperti Facebook, email, aplikasi chat messenger seperti WhatsApp, BlackBerry Messenger, dan dipublikasi di situs blog gratisan seperti WordPress dan Tumblr.

Jangan lupa membuat kolom reservasi di website gratisan Anda, atau mencantumkan nomor telepon untuk mengonfirmasi kehadiran dalam pesta pernikahan Anda. Dengan cara ini Anda bisa menghitung perkiraan tamu yang hadir.



Cari gedung pernikahan yang tidak terlalu populer

Berburu gedung pernikahan memang tidak mudah, apalagi jika resepsinya berlangsung di musim nikah. Saran kami adalah pilihlah gedung pernikahan yang tidak populer.

Risikonya memang gedung ini agak jauh dari keramaian, atau pusat kota, tetapi akan menghemat anggaran Anda cukup signifikan.

Pernikahan Anda tentunya akan lebih hikmat dengan suasana yang jauh dari pusat keramaian. Keluarga juga lebih santai dan nyaman dalam menjalin pertemuan dan silaturahmi.

Pastikan juga tempat pernikahan yang Anda pilih cukup cantik, sehingga Anda tidak terlalu membutuhkan banyak dekorasi tambahan. Semakin banyak dekorasi yang Anda gunakan, maka makin banyak pula dana yang Anda keluarkan di pos dekorasi.

Gunakan katering dari penyedia gedung

Apabila Anda lebih memilih untuk menikah di gedung pertemuan daripada di rumah, silakan pertimbangkan untuk menggunakan katering yang merupakan rekanan dari penyedia gedung.

Jika Anda menggunakan jasa katering yang direkomendasikan oleh pihak gedung, biasanya Anda akan memperoleh diskon dan dibebaskan dari beban biaya tambahan. Apabila Anda berkeras untuk menggunakan katering yang bukan rekanan dari gedung yang Anda sewa, sisihkan bujet untuk pengenaan biaya tambahan rata-rata 20 persen dari total jumlah makanan yang Anda pesan.

Cari sponsor

Kalau Anda memiliki keluarga, kenalan, atau kolega orang terkenal, mungkin sudah saatnya Anda menggunakan pengaruh tersebut demi pernikahan murah meriah. Anda bisa meminta mereka untuk jadi sponsor pesta pernikahan Anda. Uluran tangan mereka untuk turut menjadi sponsor bagi gaun pernikahan, hiburan saat pesta, atau pun dalam penyewaan gedung, dapat menyelamatkan kocek Anda dan membuat biaya pernikahan jadi lebih murah.

Jangan pakai WO, urus sendiri

Di tengah kesibukan kerja yang menumpuk, tidak mudah memang mengurus segala hal mengenai pernikahan bersama pasangan. Selain memakan banyak waktu dan kesabaran, diperlukan juga kekompakan.

Tetapi, itu semua adalah risiko yang pantas diterima demi mendapatkan pesta pernikahan yang ramah di kantong. Toh, menghabiskan waktu bersama pasangan juga dapat membuat Anda semakin mengenal kepribadian dan pola pikir pasangan Anda.

Jika memungkinkan hilangkan seremonial yang memakan biaya

Pasangan zaman sekarang cenderung memilih pesta pernikahan yang sederhana, namun tetap elegan. Untuk mempermudah penyelenggaraan pesta, ada baiknya jika memungkinkan menghilangkan seremoni yang menghabiskan banyak biaya. Anda bisa mengganti upacara yang memakan biaya dan waktu yang banyak itu, misalnya dengan acara pengajian sederhana sebelum akad nikah dilangsungkan.

Berdayakan teman

Pernikahan adalah saatnya semua orang termasuk kawan-kawan dekat Anda berpesta dan menyingsingkan lengan baju membantu kelancaran pesta. Tidak ada salahnya Anda meminta bantuan teman-teman Anda untuk membantu sesi hiburan dengan menjadi penyanyi dadakan, MC, dan fotografer.

Anda biasanya tetap akan dikenakan biaya sih, namun tidak akan semahal profesional. Harga teman di mana-mana biasanya memang lebih murah.

Selamat menghemat dana pernikahan! (asp)



![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya