Bursa Saham Asia Terpelanting Buruknya Wall Street

Sumber :
  • REUTERS/Yuya Shino

VIVA.co.id - Bursa saham Asia merosot pada pembukaan perdagangan Jumat, 17 April 2015. Melemahnya bursa saham akibat sentimen negatif dari Wall Street pada penutupan dini hari tadi.

Bursa Asia Pasifik Tertekan Dinamika Pilpres AS

Indeks Nikkei melemah 80,02 poin atau 0,40 persen ke 19.805,75. Kemudian, indeks ASX200 turun 20,37 poin atau 0,34 persen ke 5.927,10 dan Kospi terkoreksi tipis 1,99 poin atau 0,09 persen menjadi 2.137,91.

"Masih ada sisa kekhawatiran dari para pelaku pasar dalam merespons hasil laporan pendapatan (earnings) perusahaan di AS pada kuartal pertama tahun ini," ujar Evan Lucas, ahli strategi pasar IG dalam keterangan tertulisnya. Demikian mengutip dari CNBC.

Mengekor Wallstreet, Bursa Asia Dibuka Melemah

Untuk Nikkei di bursa saham Jepang, mengalami kejatuhan lebih dari satu minggu. Tercatat, saham Sony rontok 3,2 persen.

Dengan naiknya harga minyak dunia telah melemahkan saham maskapai penerbangan Japan Airlines dan ANA Holdings. Masing-masing turun sebesar 0,5 persen dan 0,3 persen.

Sebagai informasi, harga minyak dunia ditutup pada level tertingginya. Harga minyak mentah Brent pada penutupan dini hari tadi, berakhir dengan menembus level US$64,05 per barel, atau naik sebesar 73 sen.

Saham di Bursa-bursa Asia Rabu ini Dibuka Melemah

Kenaikan ini di tengah kekhawatiran pasar akibat adanya berita kelompok suku yang terdiri dari mantan militan Al Qaeda menguasai terminal minyak utama di Yaman Selatan.

Adapun harga minyak mentah Amerika Serikat (AS) terus melambung dengan kenaikan 32 sen menjadi US$56,71 per barel. (ase)

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya