IHSG Negatif di Tengah Kenaikan Pembelian Bersih Asing

IHSG
Sumber :
  • Antara/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id - Laju indeks harga saham gabungan (IHSG) dibuka melemah tipis 2,72 poin atau 0,05 persen menjadi 5.418,01 pada perdagangan Jumat, 17 April 2015. Pelemahan indeks seiring dengan bertambahnya pembelian bersih asing (net foreign buy) mencapai Rp12,97 miliar.

Melemahnya indeks saham di bursa seiring dengan 81 saham naik, 50 saham turun dan sebanyak 61 saham tidak bergerak. Dengan volume perdagangan mencapai 292,33 juta saham senilai Rp353,32 miliar.

Namun demikian, hingga pukul 09.15 WIB, IHSG berhasil melakukan perlawanan dengan kenaikan 1,01 poin atau 0,02 persen ke level 5.421,74. Membaiknya IHSG, seiring dengan positifnya indeks saham unggulan LQ45 yang naik 0,07 persen ke 943.

IHSG Bertengger di Zona Hijau, Beli Saham Kapitalisasi Besar

Adapun tiga saham teratas yang menanjak di awal sesi pertama hari ini, antara lain GGRM, MYOR dan EXCL. Sedangkan, ketiga saham lainnya yang harus merosot, yakni BIRD, PANS dan ICBP.

"IHSG diperkirakan bergerak dengan support (batas bawah) di 5.0390 dan resistance (batas atas) di 5.435. Dengan kecenderungan menguat terbatas," ujar analis dari First Asia Capital, David N Sutyanto kepada VIVA.co.id.

Dibuka Menguat, IHSG Lanjutkan di Jalur Hijau

Menurut David, dengan penguatan rupiah atas dolar AS dan rilis laba kuartal pertama emiten yang positif akan menjadi katalis pergerakan pasar. Alasannya, karena perdagangan saham kemarin kembali bergerak konsolidasi dalam rentang sempit.

Hal tersebut, kata dia, karena pelaku pasar kurang bergairah merespons sentimen positif penguatan rupiah atas dolar AS dan kondusifnya pergerakan pasar kawasan Asia.

Arus Modal Mengalir, Cermati Saham-saham Ini

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Ilustrasi.

Investor Optimistis, IHSG Lanjutkan Penguatan

Pola pergerakan akan tetap terjaga.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016