Jokowi: Indeks Korupsi Indonesia Nomor Enam di ASEAN

Joko Widodo Gedung Merdeka Konferensi Asia Afrika Asia-Afrika
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Novrian Arbi

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo menyampaikan, ada empat tantangan yang kini dihadapi bangsa Indonesia. Pertama, kata Jokowi, pengangguran pada 2014 secara rata-rata masih ada sekitar 7,2 juta orang.

Kedua
, tingkat kemiskinan yang juga masih sangat tinggi. "Tahun 2014 diperkirakan masih 10,9-11 persen," kata mantan wali kota Solo, itu seperti mengutip dari laman setkab.go.id, Minggu 19 April 2015.

Kemudian yang ketiga, Jokowi mengatakan, mengenai kesenjangan sosial, baik yang kaya atau miskin, maupun kesenjangan antarwilayah baik di barat maupun Indonesia kawasan Timur. 

Jokowi: Jumlah Peserta Tax Amnesty Baru 344 Orang

"Ada sebuah kesenjangan, ketimpangan sosial ekonomi yang begitu besar," tuturnya.

Dan tantangan keempat, masalah korupsi. Menurut Presiden, indeks korupsi Indonesia di ASEAN angkanya masih 34, nomor enam di ASEAN.

Dana Rp11 Ribu Triliun Milik WNI Seliweran di Luar Negeri

"Kita kalah dengan Singapura, Malaysia, Filipina, dan Sri Lanka, maupun yang lainnya. Ini lah yang juga harus kita hadapi," kata Jokowi.

Selain keempat tantangan itu, Jokowi menyampaikan bahwa kondisi ekonomi global yang sangat tidak mendukung, baik pertumbuhan ekonomi maupun keuangan. Jika dilihat, akhir-akhir ini mata uang rupiah terus tertekan oleh dolar Amerika Serikat (AS).

Hukuman Khusus Bagi Pembocor Data Peserta Tax Amnesty

"Itu lah masalah-masalah yang harus dihadapi bangsa Indonesia, saat rakyat inginnya semua instan. Banyak yang belum sadar bahwa Saya dan Pak Jusuf Kalla baru bekerja 5-6 bulan," tuturnya. (art)

World   Islamic Economic Forum (WIEF)

Jokowi Beber 'Mantra' RI di Forum Ekonomi Islam Dunia

Jokowi Dorong Pemberdayaan UMKM.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016