Jokowi: 21 Juta KIP dan 88 Juta KIS Dibagikan Akhir April

jokowi luncurkan KIS di medan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana
VIVA.co.id
Jokowi Beber 'Mantra' RI di Forum Ekonomi Islam Dunia
- Pemerintah akan membagikan sebanyak 21 juta Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan 88 juta Kartu Indonesia Sehat (KIS) pada akhir bulan ini.

Jokowi: Jumlah Peserta Tax Amnesty Baru 344 Orang

"Kartunya sudah siap dari lelang, uangnya juga sudah siap, sehingga langsung dibagi," kata Presiden Joko Widodo. Demikian mengutip keterangannya dari laman
Dana Rp11 Ribu Triliun Milik WNI Seliweran di Luar Negeri
setkab.go.id, Minggu 19 April 2015.


Jokowi menjelaskan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) itu baru digodok pertengahan Januari. Setelah itu, baru proses administrasi, proses konsolidasi organisasi saat ini, sehingga pertengahan April baru bisa digunakan pemerintah.

"Karena digodok pertengahan Januari, ada proses administrasi, ada proses lelang sehingga praktis butuh waktu 2-2,5 bulan. Makanya baru bisa dibagikan akhir bulan April," terang mantan wali kota Solo tersebut.

Selain itu, Jokowi menegaskan, tahun ini pemerintah memasang target yang tidak enteng, yaitu pertumbuhan ekonomi 5,7-5,8 persen. Angka tersebut, lebih tinggi dari tahun kemarin sebesar 5,1 persen.

Padahal, kata dia, negara-negara lain justru menurunkan target pertumbuhan ekonominya.

"Saya yakin dengan gotong royong kita semuanya dan kerja keras semuanya, rakyat, pemerintah, partai, eksekutif, yudikatif, semuanya  bergerak, saya meyakini itu bukan hanya tantangan yang terucap, tetapi perlu kerja sama dan gotong royong," tuturnya.

Menurut Jokowi, bulan Maret ada deflasi sedikit dan ini sebuah perhitungan yang sewajarnya. Dia pun berharap, pada akhir tahun ini inflasinya hanya kurang lebih empat persen.

"Saya yakin, kalau itu bisa kita jaga empat persen, kemudian nanti pertumbuhan ekonomi bisa di atas lima persen, maka rakyat akan merasakan sedikit inflasi dan pertumbuhan ekonomi," ujarnya. (art)

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya