Ini Jalur-jalur Kereta Api yang Terhubung ke Bandara Soetta

Pembangunan Stasiun Kereta Bandara Soekarno-Hatta Usai 2015
Sumber :
  • Anissa Maulida (Tangerang)

VIVA.co.id - Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional Satu, Jakarta, Bambang S. Prayitno mengatakan bahwa terdapat jalur-jalur lama yang nantinya ikut dioperasikan ke jalur kereta api di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Antisipasi Kepadatan, KRL Tambah Petugas Tiket

Menurut Bambang, hal itu dilakukan, selain dimulainya pembangunan jalur ganda KA Bandara Soetta yang dimulai dari Stasiun Batu Ceper, Tangerang menuju bandara.

Selain itu, lanjutnya, KA Bandara Soetta, nantinya akan beroperasi dari Stasiun Manggarai. Kemudian, akan melewati beberapa stasiun kereta api yang ada di beberapa wilayah ibu kota.

"Dari Stasiun Manggarai ke Stasiun Bandara Soetta akan melewati Stasiun Sudirman Baru, Duri, dan Batu Ceper sebagai stasiun pemberhentian," ujar Bambang di Jakarta, Senin 20 April 2015.

Bambang menjelaskan, total jarak yang akan dilintasi adalah sepanjang 36,3 kilometer yang terdiri dari 24,2 km jalur yang ada dan 12,1 km merupakan jalur baru.

"Pembangunan jalur baru ini dilakukan berdasarkan studi kelayakan finansial dan teknis yang sejak Februari 2013 selesai dilakukan oleh LAPI (Lembaga Afiliasi Penelitian Industri) Institut Teknologi Bandung," kata dia.

Dengan demikian, sesuai menurut izin pembangunan yang dikeluarkan dari Kementerian Perhubungan melalui Surat Keputusan Dirjen Perkeretaapian Kemenhub RI Nomor HK.601/SK.89/DJKA/3/14 tanggal 14 Maret 2014. Dan, kelayakan izin lingkungan (Amdal) yang dikeluarkan walikota Tangerang lewat SK Nomor 660/Kep.326-BPLH/2014 tanggal 25 Agustus 2014 dan SK Nomor 660/Kep.328 BPLH/2014 tanggal 25 Agustus 2014.

Di sisi lain, untuk mendukung operasional KA Bandara Soetta maka PT KAI akan merombak Stasiun Manggarai sebagai salah satu stasiun keberangkatan KA bandara dengan membangun underpass (jalan bawah tahan) sebagai passenger crossing (persimpangan penumpang).

"Nantinya, penumpang KA bandara akan diarahkan untuk menuju peron khusus untuk penumpang bandara," ujarnya.

Bambang menyampaikan bahwa PT KAI juga membangun Stasiun Sudirman Baru sebagai Stasiun khusus KA bandara (city air terminal) yang melayani khusus penumpang dari dan menuju bandara.

"PT Railing menargetkan KA Bandara Soetta sudah dapat dioperasikan pada tahun 2016 mendatang," tambahnya. (asp)

Penumpang Kereta Luar Kota Bisa Berangkat dari Jatinegara
KRL Commuter Line.

Terkait Demo, Hindari Stasiun Juanda dan Gondangdia

Penumpang naik hingga 400 persen.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016