Ini Jalan Indonesia Jadi Poros Maritim Dunia

Pertemuan delegasi industri Italia dan Menko Maritim Indroyono Soesilo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo menyampaikan, dari 17 poin rancanangan dokumen Social Development Goals (SDG), salah satunya mengenai masalah kelautan dan perikanan.

VIDEO: Megawati di Barisan Depan Saat Napak Tilas KAA

Indroyono menjelaskan, dokumen tersebut merupakan kelanjutan dari Milenium Development Goals (MDG). "Salah satu goalnya pada poin 14, yaitu masalah kelautan dan perikanan," kata dia dalam konferensi pers di Asian African Business Summit 2015 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa 21 April 2015.


Karena itu, dia menjelaskan, Indonesia mengundang negara-negara kepulauan dan negara-negara Samudera Hindia untuk bergabung dalam forum ini. Pemerintah pun meminta dukungan untuk sektor kelautan dan perikanan.

Ini Jalur yang Akan Ditutup Besok

"Di sana berbunyi bahwa sektor kelautan dan perikanan harus dimanfaatkan secara berkelanjutan," tutur Indroyono.

Setelah mendapatkan dukungan, menurutnya, pernyataan ini akan disampaikan ke New York pada September nanti. Sebab, dokumen SDG tengah digodok oleh PBB. "Kalau poin nomor 14 ini tercapai, nantinya poin ini akan diadopsi dalam dokumen SDG. Artinya, kalau akhirnya diadopsi, visi Presiden Jokowi membawa Indonesia menjadi poros maritim dunia tercapai," katanya.

Ribuan Payung Hiasi Jalan Otista Bandung

KAA Usai, Bandung Masih Euforia

Para warga bersama keluarga berfoto di sekitar Gedung Merdeka.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2015