KAI Siapkan Diskon Setengah Harga untuk Musim Libur Lebaran

Loket tiket kereta api di stasiun Senen Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO

VIVA.co.id - Meski musim libur Lebaran masih beberapa bulan lamanya, para calon sudah bersaing membeli tiket kereta api. Melihat tingginya peminat transportasi kereta api, PT Kereta Api Indonesia akan memberi diskon khusus.

Ini Alasan Harga BBM Hanya Turun Tipis

Tiket diskon itu berlaku untuk perjalanan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur ke Jakarta, selama arus mudik, serta rute Jakarta-Jawa Tengah dan Jawa Timur pada saat arus balik

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, Selasa 21 April 2015, mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan diskon setengah harga, atau 50 persen setiap pembelian tiket kereta api selama Lebaran 2015 ini.

"Kita berikan tarif tiket diskon 50 persen. Itu berlaku pada H-10 sampai H+10 Lebaran," ujar Edi di Jakarta.

Meski memberikan tawaran yang menarik, Edi menyatakan, tidak semua tiket pada rute tersebut semuanya berupa tiket diskon.

Ini, karena pihaknya hanya memberikan diskon sebanyak 20 hingga 50 kursi dari setiap enam armada kereta api. Tetapi, pihaknya berharap dengan adanya tiket diskon itu, semua kebutuhan penumpang untuk mudik dapat di akomodir, baik mudik yang menuju pulau Jawa, atau sebaliknya.

Sementara itu, lanjut Edi, dari data yang tercatat PT KAI, hingga saat ini sudah 397.815 tiket kereta api untuk mudik Lebaran ludes terjual. Tiket tersebut, dijual sejak 11-20 April 2015 lalu. "Tiket banyak dipesan dan yang tertinggi itu pada pemberangkatan H-2," katanya.

Edi menambahkan, untuk tiket yang tersisa pada tanggal tersebut mayoritas merupakan tiket arus balik menuju arah barat. "Jadi, yang ada sampai dengan hari ini, yaitu 45.245, atau 51 persen dari total ketersediaan tiket pada H-2 Lebaran," ujar Edi. (ren)

Ilustrasi angkutan lebaran.

Operasional Angkutan Lebaran Ditetapkan, Ini Rinciannya

Angkutan motor gratis tahun ini juga disediakan pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2016