Enam Cara Berhemat Anak Kost

Dompet
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Hidup hemat, bukan berarti Anda hidup dengan cara pelit. Bukan pula berarti hidup, dengan cara bersusah-susah.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Apabila Anda beranggapan berhemat adalah menderita,  sampai kapan pun Anda akan menjauhi pola hidup hemat.

Untuk Anda yang tidak tinggal bersama keluarga, atau tinggal sendiri, bahkan terpaksa harus kost, Anda pasti harus bisa mengelola uang bulanan yang terkadang mepet.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Biasanya, uang sebulan itu hanya cukup dipergunakan untuk bayar kost, makan selama satu bulan dan sedikit sisa untuk membeli buku, atau ngopi dengan teman-teman.

Kalau Anda tidak pintar mengelola uang, di akhir bulan Anda akan mengalami drama dengan episode yang sama, yaitu uang habis, perut keroncongan dan makan mi instan berkelanjutan. Belum lagi, kalau orang tersayang Anda mengajak jalan-jalan, atau sekedar cuci mata ke mal, atau pusat perbelanjaan.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Jelas, biaya tambahan ini yang bisa memengaruhi hidup Anda di hari-hari selanjutnya.

Tapi jangan khawatir, pepatah mengatakan, kalau ada usaha pasti ada jalan, tak ada rotan akar pun jadi.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan Anda sebagai anak kost, atau yang tinggal sendiri untuk berhemat, sehingga bisa bertahan hidup hingga bulan depannya.

Bergaul

Anda memang harus ramah terhadap semua orang di sekitar tempat tinggal Anda, baik itu teman maupun masyarakatnya. Dengan begitu, mereka akan selalu ingat kepada Anda, apabila memiliki makanan lebih, atau bahkan mengundang Anda apabila mereka menggelar acara pernikahan, sunatan, dan hajatan lainnya.

Perkenalan Anda dengan banyak orang, ternyata memang dapat menghemat pengeluaran Anda untuk makanan. Bukanlah silaturahmi itu membawa rezeki?

Tolong menolong

Pernah mendengar peribahasa sebesar apa pun kebaikan pasti ada balasannya. Nah, ini berlaku juga dalam hal tolong menolong.

Misalnya, Anda menolong ibu pemilik warung di dekat tempat kost Anda yang kerepotan dengan belanjaannya, atau membantu bapak, atau ibu kost mengangkat galon minuman untuk dipasang di dispenser.

Meskipun Anda tidak mengharapkan apa-apa, mereka pasti akan peduli pada Anda atas bantuan kecil tersebut. Ibu, atau bapak kost tentunya tidak akan cemberut, saat Anda terlambat membayar uang sewa bulanan dan ibu warung pasti mengizinkan Anda utang di warungnya, saat uang Anda sedang cekak.

Budayakan nebeng

Nebeng adalah hal yang harus Anda terapkan, apabila Anda berniat pergi ke kampus, atau ke tempat kerja. Selain turut menjaga kelestarian lingkungan, karena mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Daripada Anda membuang uang percuma untuk naik ojek misalnya, lebih baik Anda menumpang teman yang kebetulan menuju tempat yang sama. Dijamin lebih murah, bisa jadi gratis malah.

Pinjam itu lebih murah

Banyak barang yang hanya sesekali kita pakai, tetapi ada kalanya malah kita beli. Buat apa beli kalau bisa pinjam?

Dengan catatan, Anda tidak meminjam barang-barang tersebut pada saat tetangga Anda membutuhkannya. Contoh barang-barang yang bisa Anda pinjam ke tetangga sekali waktu misalnya tangga, buku, DVD film, dan lainnya.

Setop merokok

Cara lainnya untuk menghemat uang anggaran Anda adalah mengurangi, atau berhenti merokok. Coba hitung berapa pengeluaran per hari Anda untuk merokok.

Jika Anda menghabiskan Rp20 ribu per hari untuk membeli rokok, dalam waktu satu bulanm anggaran Anda akan berkurang Rp600 ribu hanya untuk dibakar percuma. Sayang sekali bukan?

Uang sebanyak itu dapat Anda pergunakan untuk tabungan, atau dipergunakan pada pos anggaran lain. Lagipula, rokok tidak baik bagi kesehatan Anda. Bayangkan berapa nantinya dana kesehatan yang harus Anda sisihkan untuk mengobati penyakit akibat rokok di kemudian hari.

Memasak sendiri

Kalau Anda bisa memasak dan tempat Anda tinggal saat ini memiliki fasilitas dapur, kenapa tidak mencoba masak sendiri. Selain kebersihannya terjaga, Anda pun bisa mengatur asupan gizi, sehingga kesehatan Anda juga lebih terjamin.

Untuk mempermudah proses memasak, Anda bisa membeli penanak nasi elektrik yang akan selalu menyediakan nasi hangat. Untuk lauknya, Anda bisa memasaknya sendiri.

Tak perlu masakan yang sulit, tumis sayur yang tidak rumit cukup sehat dan mengenyangkan. Dengan cara ini, pengeluaran Anda pastinya akan lebih kecil dibanding makan di luar rumah, atau kost.

Silakan mencoba tips di atas. Dijamin Anda tidak perlu merasa was-was lagi dengan uang bulanan yang cukup mepet, sedangkan gajian bulan depan masih beberapa hari lagi ke depan. Hemat bukan berarti pelit, tetapi bijaksana dalam mengatur pengeluaran Anda. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya