Hati-hati Ajukan KTA, Perhatikan Empat Hal Ini

Ilustrasi pinjaman bank
Sumber :
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Jika Anda berencana mengajukan fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA), yang pertama harus anda ketahui seberapa besar pinjaman yang bisa Anda peroleh dari pembiayaan tersebut. Agar, Anda dapat menghitung masak-masak untuk menggunakan fasilitas itu tanpa memberatkan Anda di kemudian hari. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
KTA memang bisa membantu Anda mengumpulkan uang dalam waktu singkat, apakah itu untuk membeli rumah atau membiayai liburan Anda dalam waktu dekat. Namun, banyak juga orang yang susah mendapatkannya, karena daftar persyaratan yang diperlukan juga cukup banyak.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos
Sebelum Anda mendaftar pinjaman bank, sangatlah penting bagi Anda untuk mengira-ngira berapa jumlah maksimum pinjaman yang bisa Anda dapatkan. 

Sementara itu, pihak bank biasanya juga mempunyai standar sendiri dalam melakukan persetujuan pinjaman. Mereka biasanya menggunakan data penghasilan serta utang untuk menghitung berapa banyak yang mereka bisa pinjamkan kepada Anda. 

Berikut ini beberapa informasi hal-hal apa saja yang dipertimbangkan oleh bank sebelum memberikan pinjaman kepada Anda :

1. Penghasilan bulanan Anda

Faktor paling besar yang berpengaruh atas putusan bank dalam memberikan pinjaman adalah kemampuan Anda dalam membayar pinjaman tersebut secara tepat waktu. Mereka akan mengukur kondisi keuangan Anda dengan melihat dua hal, yaitu, gaji Anda serta pengeluaran bulanan Anda. 

Faktor lain yang mereka pertimbangkan adalah utang Anda, status pajak, dan tambahan pemasukan lain, juga gaji pasangan Anda jika Anda sudah menikah. Masukkan semua itu dan hitung berapa jumlah uang yang Anda miliki setiap bulannya setelah Anda melakukan pembayaran utang. Bank juga akan melihat catatan kredit Anda via data Bank Indonesia untuk mengetahui tanggung jawab Anda dalam menyelesaikan kewajiban finansial. Artinya Anda harus dipercaya secara legal.

2. Jangka Waktu Peminjaman

Bank akan memberi Anda pilihan pelunasan pinjaman berdasarkan periode waktu yang telah ditentukan. Anda dapat memilih periode pembayaran yang panjang ataupun pendek. Khusus untuk kredit perumahan biasanya bank akan memberikan jangka waktu pelunasan puluhan tahun. Tapi untuk pinjaman tanpa agunan atau KTA, tenornya berkisar antara 12-60 bulan atau satu sampai lima tahun, tergantung  bank yang Anda pilih. Bank juga akan mengenakan denda jika Anda membayar pinjaman Anda lebih lambat. Oleh karena itu membuat pilihan jangka waktu pinjaman adalah hal yang cukup penting.

3. Suku Bunga

Pinjaman tanpa agunan atau KTA adalah pinjaman yang paling tidak aman, artinya suku bunga berperan penting dalam menentukan pembayaran bulanan Anda. Prinsipnya kurang lebih adalah semakin tinggi suku bunga berbanding dengan semakin rendahnya jumlah pinjaman yang diambil. 

Hal-hal yang dapat menurunkan atau menaikkan suku bunga Anda adalah catatan kredit Anda sebelumnya serta keadaan keuangan, apakah stabil atau tidak. Penting juga untuk jadi catatan Anda, semakin lama Anda membayar pinjaman berarti Anda akan membayar lebih banyak bunga seiring berjalannya waktu.

4. Mari Berhitung

Begitu Anda mengetahui penghasilan bulanan Anda, lamanya pinjaman, dan suku bunga bulanan (atau suku bunga tahunan dibagi 12), Anda dapat segera membuat kalkulasi kasar berapa banyak uang yang bisa Anda pinjam dari bank. Mari kita berhitung bersama-sama, suku bunga bulanan Anda dilambangkan oleh R, lamanya pinjaman dalam bulan kita sebut saja M, dan pembayaran dari pemasukan bulanan Anda adalah P. Rumus untuk menghitung jumlah pinjaman maksimal Anda adalah sebagai berikut:

Jumlah Pinjaman Maksimal = P/R * {1 - [1 / (1+R)^M] }

Rumus di atas adalah estimasi kasar. Bank pemberi pinjaman kemungkinan besar juga menyertakan variabel yang tidak termasuk di sini. Ada baiknya Anda melakukan survei terlebih dahulu kepada pihak bank untuk mencari nilai suku bunga terendah, sehingga Anda bisa menentukan bank mana yang nantinya akan Anda pilih.

Hal-hal Lain yang Harus Dipertimbangkan

Belakangan ini, banyak bank menawarkan paket pinjaman dengan bunga tetap. Hal ini dibarengi dengan pembatasan jumlah pinjaman. Beberapa bank juga menetapkan tidak akan memberi pinjaman lebih dari sepuluh kali jumlah gaji Anda saat ini. 

Ada beberapa bank yang menawarkan persyaratan yang fleksibel, dengan suku bunga atau periode pinjaman yang dapat berubah sesuai dengan waktu dan keadaan keuangan Anda. Namun, tidak semua orang dapat mendapatkan fasilitas ini, hanya nasabah terpilih yang bisa menikmatinya. 

Hubungan yang baik dengan bank juga dapat membuat perbedaan, karena beberapa bank menawarkan suku bunga yang lebih baik sebagai imbalan atau insentif atas loyalitas kita sebagai nasabah. Apapun tawaran pinjaman yang Anda pilih, membayar tepat waktu sesuai jadwal akan menjauhkan Anda dari kerumitan dan Anda pun dapat menghindarkan diri dari denda serta pembayaran penalti yang harganya cukup menguras kocek.

Semoga informasi ini cukup membantu Anda dalam menentukan jumlah yang bisa Anda pinjam. Selamat mengajukan pinjaman ke bank!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya